Minggu, 24 April 2011

PES 2010 Komplit

PES 2010 nih tips entah gue dapet dari mana lagih yang jelas gue masukin semua yang gue dapet. entah trik dari facebook, dari forum, dari teman, dari gugle yang jelas gue mau berbagi tip n trik pes 2010. semoga beruntung.
1. Freekick (presentase goal =99%):
Meskipun ini adalah cara curang (cheats), tapi bolehlah sekedar info.
Caranya: pilih penendang (usahakan penendang memiliki freekick accurasi diatas 80), kemudian tekan tombol start, lalu pilih player setting, geser kursormu menjadi “assisted”, artinya biarlah CPU yang mengambil alih, lihatlah CPU mencetak skor untukmu. Setelah goal, geser kembali kursormu seperti semula (bisa unassisted ataupun semi-assisted,sesuai seleramu).
Kondisi yang harus terpenuhi adalah jarak ideal <30m (saya anjurkan lebih dekat lagi, karena ada kemungkinan CPU akan mengumpan bukan menembak langsung).
Bila freekick taker-nya adalah pemain sekelas Del Piero yang memiliki specialisasi bola- bola mati dan kondisi (form) sedang baik (atau bahkan on fire), presentase goalnya bahkan mencapai 99,9%.
2. Menghalau atau menggagalkan freekick lawan
Agar lawan mustahil untuk memasukan bola melalui freekick, tekan rapid kotak (tekan berulang- ulang dengan frekuensi yang cepat), semua pemain dalam pagar betis kita akan melakukan lompatan menghalau bola.
Dalam kondisi lawan memperoleh jarak ideal freekick, ada baiknya pagar betis ditambah (L1+arah atas).
Menurut analisa, “bug” yang bisa meng-kolong (melewati sela- sela) bagar betis telah diperbaiki, jadi kemungkinannya menjadi nol untuk menerobos pagar betis seperti pada PES 2009 yang lalu.
3. Melewati hadangan barisan bek (defender)
Untuk bisa melewati barikade (beberapa pemain musuh mengepung), caranya: tekan tombol arah depan 2x, pemain yang sedang mendribble akan melakukan gerakan special meng-kolong lawan. Ini efektif bila menggunakan pemain yang mempunyai stats exelent dalam mendribble. contoh: pato.
Biasanya cara ini cocok dimainkan oleh user yang gemar melakukan center attack.
4. Skoring memanfaatkan blunder Kiper (salah satu “BUG” PES 2010)
Kondisi yang musti dipenuhi adalah ketika kita melakukan penyerangan yang cenderung spontan (macam counter attack, tetapi tidak mutlak), biasanya serangan yang kita lancarkan dari tengah, perhatikan ketika pemain (kita) yang membawa bola mulai mendekat ke sekitar 1/4 dari sudut kotak penalty terluar secara otomatis kiper lawan akan maju kedepan dengan cara berlari kecil, ketika kiper sudah tidak on-position, maka bergeraklah (lari) serong untuk mencari celah dan melesatkan gol, terlihat jelas kiper akan melakukan tindakan bodoh (blunder) dengan membiarkan bola masuk ke gawang.
terlepas dari konteks diatas, biasanya saya mencetak goal dengan cara berjalan serong menuju tiang gawang (harus berada di dalam kotak penalty lawan), bila posisi kita di sisi kanan maka berlarilah ke kanan, kemudian menahan analog kiri (left stick) dengan arah serong kanan (karena diskripsi yang saya berikan, saya sedang berlari kekanan) lalu shoot, presentase goalnya sangat besar (biasanya bila masuk dengan cara terpental dulu ke kiper lalu masuk atau masuk begitu saja,terkadang mengkolong kiper).
bila dirumuskan: tahan left stick dengan arah serong + Kotak.
5. Corner Kick
Ada yang bilang kalau corner kick punya peluang gol 50:50, padahal presentasenya bisa sangat besar bila kita tahu triknya.
Cara Pertama adalah dengan memberikan umpan datar akurat dengan cara menekan tombol X (power gauge usahakan sama persis seperti saat anda biasa melakukan umpan lambung dengan tombol O) hal ini dilakukan agar kita bisa mengecoh lawan dengan memberikan anggapan pada lawan bahwa kita sedang memberikan umpan lambung, padahal tidak. Lalu teruskanlah umpan ke pemain yang berada didepan mulut gawang (sebelum itu diperlukan satu, dua, beberapa langkah kaki) lalu dengan cepat tekan Kotak (bisa sambil menekan tombol arah untuk mengarahkan bola kesudut yang diinginkan) untuk scoring.
Kesimpulan: corner taker memberi umpan (X) kepada pemain ke-2 lalu pemain meneruskan umpan (X) lalu pemain ke-3 sebagai eksekutor.
Tapi ingat! Ini bisa juga melakukan beberapa umpan (mungkin lebih dari 3) kemudian menunggu pemain eksekutor on-position baru ditembak.
Cara berikutnya adalah memberikan umpan lambung (cara klasik) :
geser posisi penendang 1/3 ke dalam, tunggu pemain yang ada di dalam kotak penalty lawan memperoleh posisi yang bagus lalu tekan O (powergauge =1/2 lebih sedikit) lalu setelah bola melayang ,tekan dan tahan arah (arah luar) untuk memberi efek parabol, lalu tekan rapid kotak + arah (sesuai posisi, lalu arahkan sundulannya).
Dalam kondisi tertentu dan pemain tertentu bisa menempatkan diri dengan cara mem-body untuk mempertahankan posisi untuk menyundul bola, nah inilah yang saya maksud dengan menunggu sampai pemain meperoleh posisi.
Terkadang ada cara corner kick seperti ini:
geser posisi penendang ke luar sedikit saja (relatif) ,tahan tombol arah atas + O (agar umpan lambung tidak terarah atau melayang secara random), efektif untuk tim yang mempunyai kualitas pemain yang unggul dalam duel udara macam Terry. Jangan lupa berikan arah ketika menyundul (dapat) bola agar arah bola terarah kegawang, gunakan juga rapid Kotak.
Untuk menggagalkan cara corner diatas adalah menempatkan salah satu pemain di depan gawang (1/4 tiang terdekat penendang lawan), ini dilakukan untuk mengkover lawan dan memberikan efek pressing agar pemain lawan yang bisa menyundul sekalipun akan tidak akurat.
Cara menggagalkan corner yang diumpan mendatar adalah mengkover (berdiri di depan) lawan yang posisinya paling dekat dengan penendang lawan (biasanya berdiri di dekat tiang terdekat sisi luar gawang kita).
6. Mengumpan di area kosong
Sangat efektif mengumpan ke pemain yang mempunyai kemampuan lari yang cepat (top speed + acceleration) macam david suazo.
Berbeda dengan umpan segitiga yang hanya bisa melewati satu pemain, maka kita gunakan manual pass (analog: right stick).
Caranya:
umpan dengan rigt stick kedepan (lihat area yang kosong) lihat timming, maka pemain yang terdekat dengan bola (kecuali pengumpan) akan beradu sprint dengan bek atau bahkan kiper lawan. Cara ini bisa diaplikasikan di tengah lapangan maupun sisi lapangan, lihat sikon!
Untuk user yang gemar bermain dengan gaya sayap, tempatkan satu winger dengan defensive low (atur di game plan) agar ketika counter attack, pemain ini bisa langsung merespon dan menang posisi. Caranya tekan L1 + right stick + arah kemana area yang dimaksudkan.
Bila sudah sangat terbiasa, menggunakan manual pass bisa dijadikan senjata andalan.
7. Kombinasi umpan satu – dua (one-two pass)
Tips inilah yang membedakan antara master dengan amatir, bila sudah sangat berpengalaman dengan alur bola melalui umpan – umpan. Ketika permainan berlangsung manfaatkan umpan biasa (X) + L1 walaupun CB yang sedang mengumpan ke SB, hal ini dilakukan untuk mengganggu konsentrasi pertahanan lawan karena CB juga bergerak ke depan, kemudian DMF (atau pemain tengah juga), bahkan kalau perlu lakukan L1+X untuk melakukan semua umpan. Sesekali lakukan one-two pass (L1+X, ketika pemain kita dapat posisi tekan X atau Segitiga). Untuk memberikan warna yang lebih baik ke dalam permainan kita, lakukan juga (X+R2) untuk memberikan gerakan yang tidak monoton yaitu mengumpan lalu mengikuti bola bahkan bisa diagonal larinya,kadang bisa lewat belakang pemain yang kita umpan (itulah efek X+R2). Kombinasikan juga dengan tombol Segitiga.
tombol pass yang digunakan= L1 X, X, X R2, Segitiga, L1 Segitiga, Segitiga R2.
Intinya lakukan kombinasi permainan dengan memainkan pola yang susah dibaca lawan dengan tombol pass L1+X, L1+X+X, (L1+X)+(L1+X), L1 X+ Segitiga, X R2+ R2 X, X R2 + Segitiga, danseterusnya. (dituntut kreatifitas anda).
Tambahan, penysunan strategi (tactics dalam gameplan) sangat berpengaruh dalam type permainan seperti ini,jadi efektivitas juga dipengaruhi dari aplikasi gameplan.
8. Penalty Kick
Yang perlu diperhatikan adalah tombol arah nya sudah berbeda dengan yang ada pada PES 2009.
Caranya: check di training mode
9. Goal Jarak Jauh (luar kotak penalty)
Ini mungkin terjadi apabila si penendang punya stats ability yang bagus macam Ronney, atau mungkin bahkan bisa siapa saja. Agar presentase goalnya mencapai 90%, caranya:
Larilah secara diagonal (menahan tombol serong) pastikan sudah ada minimal tiga langkah (usahakan tidak ada pressing yang berarti dari lawan), tetap tahan tombol arah serong lalu tekan Kotak (powergauge= setengah,bisa lebih sedikit saja), setelah bola melambung tekan R2 untuk memberi efek lengkung yang akurat.
Untuk presentase goal yang lebih besar, lakukan dijarak ideal gol, tidak bisa dilakukan di jarak yang memang mustahil untuk goal (dengan pertimbangan Stats=shoot power).
10. Meng-kolong kiper (ketika duel satu lawan satu)
Salah satu hal yang mengejutkan dari PES 2010 ini bagi saya adalah semakin mudahnya kiper dibobol bahkan di-kolong (goal dengan cara bola melewati sela kaki), bahkan blunder.
Cara meng-kolong kiper adalah mudah-mudah sulit (dibutuhkan timing dan feeling, serta insting):
caranya: rahasia
11. Mengkartumerahkan Kiper lawan:
Cara lama menggunakan cancel kick : Kotak(gauge on) + X.
Cara lain : saat berhadapan dengan kiper lawan buang bola dengan menggunakan manual pass (right stick) ke kanan atau kekiri, pokonya agar kiper lawan menabrak pemain kita yang sedang tanpa bola (dibutuhkan timing yang tepat).
12. Men-stop lawan ketika sedang one-on-one (dengan kiper)
Caranya: usahakan agar kiper kita tidak berlari membabi buta kearah lawan, alih- alih menghentikan bola, pemain lawan bisa dengan mudah membaca gerakan kiper kita.
Dengan cara menekan tombol L1 + Segitiga secara sesekali (ingat! bukan menahannya).
13. Cara merebut bola dari lawan secara efektif
Caranya : rahasia
14. Cara menggagalkan crossing lawan disisi lapangan
Tempel ketat pemain lawan yang membawa bola dengan berlari di sampingnya, bila beradu lari dengan winger yang mempunyai kecepatan diatas rata- rata, sesekali tekan R2 dan X, ingat untuk merebutnya tekan X dan bukan menabraknya tanpa X.
Lalu ketika ada indikasi pemain lawan hendak melepas umpas crossing, berdirlah (lari) disamping atau bisa menambahkan tahan tombol X.
15. spectaculer goal (goal dari tengah lapangan, jarak lebih dari 40m)
—– Meskipun presentase goal nya sangat rendah, namun ini patut dicoba. Paling tidak kita bisa memberikan efek kejut bagi lawan, dan bila tidak goal sekalipun kita bisa mendapat hadiah corner kick.
Caranya:
ketika kick off baru saja dimulai, giring bola (diperlukan beberapa langkah kaki) ,biasanya posisi pemain yang menendang masih di dalam garis lingkarang di tengah lapangan kemudian tekan tombol Kotak untuk shoot (powergauge sekitar 3/4) + arah depan + R2 (untuk memberi efek parabol).
Cara ini juga bisa dipakai ketika kita meng-counter attack, dengan asumsi bahwa kiper lawan tidak on-position (agak maju kedepan ketika timnya melakukan serangan). ingat! tembakan harus berada di setengah sisi lapangan lawan.
Inilah yang biasa disebut orang- orang dengan goal dari tengah lapangan.
16. Goal : tendangan salto (overhead kick)
—– Caranya :
melalui umpan silang lambung (tekan tombol O 2x = early cross, bisa juga hanya dengan menekan tombol O 1x) lalu setelah pemain kita mendapat umpan (usahakan agar posisi sipenerima umpan bebas), lalu gerakkan tombol arah (biasanya saya memakai analog rigt stick dengan cara setengah lingkaran atau kiri kanan dengan cepat), gerakan analog ini dilakukan untuk membuat bola yang diterima memantul di dada (pemain penerima umpan) agar bolanya agak melayang di dekat posisi kepala pemain, selanjutnya tekan tombol kotak (powergaugenya sedikit saja) + tombol arah (untuk mengarahkan tendangan salto).
17. Goal : menendang dengan menyilangkan kaki (posisi kaki menyerupai huruf X)
—– Metode ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh pemain tertentu saja, syarat pemain yang bisa mendang dengan cara ini adalah pemain yang punya stats weak foot frequency 3 dan kebawah.
Yang akan saya contohkan adalah menggunakan Leonel Messi, karena Messi lemah menendang dengan kaki kanan, mulailah serangan ke sisi kanan (sisi kanannya Messi), giring bola sampai ke dekat tiang kanan (jarak Messi, kiper lawan, dan bibir gawang hanya beberapa yards saja), lalu “tahan” tombol arah (serong kanan) + tombol kotak.
Lihatlah Messi menendang dengan cara menyilangkan kakinya.
nb: bila tombol arah tidak ditahan, maka penendang hanya akan melakukan tendangan plessing saja.
18. quick change side attack
—– Caranya :
ketika bola dibawa oleh pemain sayap kita (bisa SB atau SMF), pokoknya yang sedang berada di sisi pinggir lapangan, umpanlah menggunakan O + R2 + arah kiri/kanan/diagonal, ini dilakukan untuk mengubah penyerangan bila tadinya di sisi kanan, secara cepat diubah ke serangan sisi kiri.
ini bisa memberikan variasi serangan yang beragam. Jangan ragu pula sesekali mengumpan dengan tombol O (bila perlu + R2 untuk umpan yang akurat).
19. fast counter attack efficienly
—– usahakan memasang penyerang yang memiliki specialisasi lolos dari jebakan offside dan mempunyai kemampuan lari tanpa bola yang cepat (acceleration + top speed). Taruh pemain ini di center area.
Caranya :
Ketika kita di serang, lalu setelah kita mematahkan serangan ini, bolapun kita kuasai, setelah itu bola digiring sampai jarak sekitar 20m dari gawang kita, tekan L1 + Segitiga + arah depan , untuk mengumpan lambung terobosan jauh kedepan, hal ini dilakukan untuk membuat pemain kita adu sprint dengan pemain belakang lawan yang tersisa. Inilah counter attack cepat yang efektif.
Metode ini baik digunakan untuk user yang gemar melakukan “direct football”.
Cara ini juga bisa di improvisasi dengan memasang penyerang sayap (WF), cara hampir mirip dengan yang diatas, tekan tombol L1 + O + arah diagonal (sesuaikan dengan posisi WF).
20. Menipu wasit untuk memperoleh penalty kick
—– Caranya : ketika kita mencoba driving (menusuk) masuk ke dalam kotak penalty lawan, pemain lawan akan melakukan body charge menempel (pressing), ketika itu pula pemain lawan (yang menempel) body ballance nya dibawah pemain kita, biasanya dia akan menarik kaos pemain kita (dibutuhkan pengamatan yang jeli), manfaatkan moment ini untuk melakukan “diving” dengan cara menekan L1 + L2 + R1.
Cara lainya adalah melakukan diving ketika terjadi kemelut di depan gawang lawan, kondisi yang harus dipenuhi adalah posisi pemain (yang melakukan diving), relatif tidak terlihat dari pengawasan wasit.
Cara lainya lagi untuk memperoleh penalty tanpa mengecoh wasit adalah melakukan gerakan yang bisa mengkartumerahkan lawan yaitu (Kotak + X) agar pemain lawan men-sliding tackle pemain kita, resiko cidera juga sangat tinggi bagi pemain kita. Cara ini juga bisa diaplikasikan untuk mengkartu merahkan kiper lawan, alternatif lain untuk mengkartumerahkan kiper lawan adalah ketika one-on-one dengan kiper, buang bola ke kiri atau ke kanan (dengan manual pass= right stick) agar kiper menubruk pemain kita yang tanpa bola.
21. Goal : umpan throw in
—– Presentase goalnya memang kecil (sama dengan realita nyata), tapi ini bukan hal yang mustahil.
Caranya:
pertama pilih pengumpan yang mempunyai specialisasi long throw, usahakan memperoleh throw in di jarak ideal <16m dari bendera sudut lapangan terdekat, perhatikan pergerakan pemain kita yang ada di dalam kotak penalty lawan, bila sudah mendapat posisi yang bagus, tekan O + R2 + arah lalu Kotak. Terkadang cara ini bisa dikombinasikan agar tercipta overhead kick.
22. Goal : umpan silang menyusur tanah
Menurut saya inilah goal yang paling efektif dan paling mudah diaplikasikan.
caranya :
X lalu kotak
tingkat efisiensi goal dengan metode ini sangat tinggi sama seperti di PES 2008, meskipun posisi eksekutor tidak persis di depan gawang lawan (misal agak minggir, di sudut yang sempit) namun jika mengumpan (X) lalu langsung Shoot (Kotak), kemungkinanya sangat besar untuk menjadi goal, terutama striker pengeksekutor mempunyai level yang sekelas Diego Milito.
23. Goal : corner kick langsung masuk ke gawang
Goal : membuat lawan melakukan goal bunuh diri
—– Presentase goal yang sangat kecil membuat cara ini tidak efektif dipakai. Untuk peluang yang lebih besar lakukan metode ini di saat pertandingan sedang berlangsung (babak ke- dua, menit 80 keatas ketika stamina para pemain mulai down), bukan di training mode. Karena pergerakan liar para pemain (semua) yang berada di dalam kotak penalty lawan membuat kiper sesaat hilang fokus, terkadang pemain lawan (bukan kiper) juga jadi melakukan blunder goal bunuh diri.
caranya :
geser atau posisikan penendang cornerkick 1/3 kedalam (dari posisi samula) lalu tekan O (powergauge setengah lebih sedikit), setelah bola melambung tahan arah ke dalam (efek parabol), lalu tekan rapid Kotak (tekan kotak berulang-ulang dengan frekuensi cepat) ini memberikan efek siaga (agresivitas meningkat) menyundul bagi pemain terdekat yang dituju.
Gunakan penendang macam Pirlo yang mempunyai swerve yang istemewa.
24. Jangan ragu melakukan tembakan -tembakan ke arah gawang lawan setelah mendapatkan posisi yang bagus, karena meskipun tidak berbuah goal, bola terkadang memantul, kondisi ini bisa dimanfaatkan pemain lain untuk mencetak goal, cara ini sangat mujarab.
25. Ketika terjadi kemelut di depan gawang kita, jangan ragu membuang bola memakai tombol kotak, jangan memaksa mengumpan ke pemain lain, karena presentasi blunder sangat besar, lagipula umpan yang diarahkan tidak akan akurat karena posisi pengumpan tidak bagus (dalam kondisi tertekan). Saat berduel diudara pun gunakan tombol Kotak,jangan X, agar bola dihalau jauh dari gawang kita.
26. Dominasi penguasaan bola yang kita lakukan akan berdampak baik terhadap tenacity para pemain, secara psycologis mental para pemain akan terangkat, para pemain akan bermain lebih impresive, sebaliknya bila para pemain kita terlalu banyak kehilangan bola dibanding tim lawan (melakukan salah umpan sehingga terebut lawan) akan berakibat menurunnya kemampuan para pemain, mereka akan bermain di bawah performa standart mereka.
jadi, lakukanlah umpan- umpan yang terarah yang tepat, jangan terlalu banyak mengumpan dari sudut yang sulit, jangan pula terlalu banyak kehilangan bola.
tips menjaga bola agar tidak terebut dengan mudah dan mampu mendominasi pertandingan :
>>> lakukan “umpan – umpan mudah” sebanyak mungkin (untuk meningkatkan mental semua pemain). Jangan memberi umpan bagi pemain yang mati langkah (terkepung lawan) atau dalam posisi sulit.
>>> jangan memaksakan diri meneruskan (menggiring bola) ke depan saat ada pemain lawan di belakangnya, atau, bila cuma satu pemain, usahakan “punggung”i pemain lawan tersebut, lakukan gerakan rotasi memutar perlahan (bila perlu sampai 360 derajat), jagalah agar pemain lawan tetap tepat di belakang punggung kita.
Bila kondisinya tidak memungkinkan (ada 3 lawan), lebih baik umpankan saja bola ke belakang (ke pemain kita yang lain yang bebas)
>>> sesekali bolehlah melakukan umpan -umpan jauh yang terarah, agar bola tetap dalam penguasaan kita. Intinya ball possesion harus dominan di kita.
>>> jelilah mengamati kondisi strategi lawan, bila kita sabar memainkan pola ini, pertahanan lawan akan mulai tidak teratur (berantakan), manfaatkanlah celah ini untuk melakukan serangan efektif yang berkualitas.
Bagi yang saat ini masih memainkan PES 2009, tips dan trik PES 2010″specialone” boleh untuk dicoba.. keliatanya banyak kesamaannya dalam upaya mencetak goal. Satu tambahan tips dr gw yg boleh dicoba, yaitu scoring dengan first time kick/shooting.
caranya :
lakukan counter attack yg cepat malalui sayap kanan/kiri pertahanan lawan, drible bola menggunakan dash drible supaya tidak terkejar musuh. setelah hampir mendekati 3/4 area lawan, lepaskan umpan lambung ketengah kearah pemain kita yang sedang berlari ke depan pertahanan lawan. Jika arahnya tepat menuju pemain yang sedang berlari tersebut, lepaskan tombol arah dan tekan tombol kotak 1x. Pemain tersebut akan menyambut umpan dengan momentum first time shooting dengan power yang luar biasa sambil berlari kearah gawang yg sulit di jangkau kiper, atau jika tertepis pun, biasanya akan menghasilkan corner. Frank Lampard, Michael Ballack, bahkan Steven Gerard hampir 99% dapat menciptakan goal dalam situasi ini.
Tips diving untuk memperoleh tendangan penalty:
ketika pemain kita (memasuki) mendriblle bola ke dalam daerah kotak penalty lawan, usahakan pemain ini beradu bodycharge dengan pemain lawan yang hendak mengambil bola dari pemain kita, biasanya apabila stats ability “body ballance” pemain kita lebih unggul, tempatkan pemain lawan agak disamping belakang pemain kita ketika beradu body ball, maka dalam kondisi ini pemain lawan (yang melakukan pressing) akan melakukan gerakan menggondeli (menarik) baju pemain kita, kemudian tekan tombol R1+L1+L2 untuk melakukan diving.
Biasanya saya memakai drogba.
Presentase diving ini memang sangat kecil, namun akan lebih efektif dilakukan ketika ada gerakan “menarik baju” dari lawan, daripada hanya sekedar melakukan diving pada saat terjadi kemelut di depan gawang (lolos dari pengamatan wasit)
PES 2010
tips and trick tersembunyi PES 2010:
Faktanya user yang yang sudah expert (mahir) dalam menggunakan trick ini bisa sangat luar biasa dalam permainannya, sebenarnya ini adalah jurus andalan saya (maaf lebay).
inilah trick yang ingin saya bagi kepada gamer semua, ini yang semula saya sebut sebagai trick ajaib PES 2010, sebenarnya mungkin sudah banyak gamers yang mengetahui trick kacangan ini, namun saya yakin tidak semua orang menyadari kehebatan trick ini.
meski tidak seampuh (baca: sekonyol) one-two pass pada WE PlayStation1, tetapi trick ini menjadi sangat istemewa karena suatu hal.
tanpa panjang lebar,
caranya mudah: O+X (power gauge on)
Ya, hanya itu, Tapi anda pasti belum menyadari kehebatan dan keistemewaan trick ini sampai saat ini?
aplikasi trick ini (O+X) harus dikombinasikan dengan arah baik diagonal maupun arah biasa, tujuannya adalah agar bola tidak terebut oleh lawan (bisa dilatih di training mode), pemain akan melakukan semacam gerakan tipuan.
mengapa O+X? bukan Kotak+X? bukan X+X?
setelah banyak riset membuktikan bahwa O+X memberikan efek driblle akurasi yang agak jauh sehingga memungkinkan penggiring bola mendribble bola melewati celah kaki maupun samping pemain lawan (yang secara bersamaan penggiring bola menabrakan diri ke hadangan musuh dan melewatinya, pokoknya bola mengalir secara unik, sulit direbut lawan, sekalipun bola keluar jalur atau liar, penggiring bola bisa merespon secara kilat untuk mengambil bolanya kembali).
alasan lainnya (O+X) (gauge on) adalah mungkin Konami telah menganggap cara ini adalah cara yang lebih baru dibandingkan dengan Kotak+X (gauge on), jadi ini mungkin benar-benar cara tersembunyi ala Konami.
letak keistimewaan trick ini adalah ketika bola yang kita dribble lepas dari penguasaan kita, biasanya tanpa memakai trick ini, pemain yang kehilangan bola akan diam tanpa mengejar bola (dengan kata lain pemain yang terebut bolanya tidak merespon untuk mengambil bola kembali dalam waktu yang lama), namun bila mahir memakai trick (O+X), pemain yang kehilangan bola akan secara cepat merespon nya dan mengambil bolanya kembali.
Trick ini sangat bermanfaat untuk memaksimalkan individual skill satu pemain (terutama dribbling skill) untuk memporak porandakan pertahanan lawan.
anda pasti kangen memakai pemain sekelas ronaldo (di PES 2009) bergerak impressive sendirian menghancurkan pertahanan lawan. maka inilah saatnya trick ini digunakan di PES 2010, cukup satu pemain, bergerak bebas bahkan di area penalty box lawan.
saran: permainan kerjasama team akan lebih bijak
sebagai catatan adalah ketika memasuki daerah 16m kedalam dari garis yang sejajar dengan gawang lawan, power gauge akan tidak terisi, jadi sekedar saran sesekali kombinasikan gerakan dengan trick Kotak+X (karena pada area ini hanya tombol kotak yang bisa mengisi power gauge), tapi efek O+X lebih efektif daripada Kotak+X dan lebih baik tetap dipakai.
Tips tambahan:
latihlah trick ini (O+X) di training mode, sesekali cobalah menabrakan diri kepemain lawan atau barikade lawan (O+X gauge on plus arah, atau diagonal direct), jangan ragu bola akan terebut, karena biasanya bola akan terpantul ke kaki-kaki pemain lawan, bola yang menggelinding liar akan direspon secara cepat untuk diambil kembali. dengan demikian penggiring bola bisa menembus pertahanan lawan yang kuat sekalipun.

TIPS melawan CPU PES2011

TIPS melawan CPU PES2011
menurut saya, apapun teamnya, CPU mempunyai gaya permainan yg sama (meskipun gameplan yg diterapin tiap CPU team berbeda, tetapi kharakter permainan CPU tetap saja monoton).
*****
misalnya ketika defending, CPU cenderung melakukan marking area ke pinggir lapangan (outwide) alias melebar, artinya mereka berfokus untuk menghalau serangan sayap lawan, dengan kata lain, titik lemah pertahanan CPU berada di center area.
bila kita memakai team level menengah macam napoli , usahakan memakai formasi 4-3-3 ((*dengan satu striker dan dua second striker<< ini bertujuan untuk fokus mengumpulkan penyerang kita di center area, jangan khawatir tidak bisa melakukan crossing di pinggir lapangan, karena sesekali pergerakan second striker ini akan bergerak menyamping ke pinggir lapangan)), fokuslah menyerang sisi tengah lapangan, sesekali gunakan terobosan pada pemain yang sedang berada sektor sayap, cari ruang dan lepaskan umpan crossing.
untuk penyerangan melalui sektor tengah, lakukan umpan-umpan satu-dua kemudian terobosan akurat untuk menembus area kotak penalty (*gunakan kombinasi umpan dengan 3 sampai 4 pemain untuk hasil yg efektif dan variatif, sehingga sulit terbaca lawan).
***
tips ampuh: lakukan umpan-umpan satu-dua terobosan, dengan cara melakukan umpan ke pemain yang posisinya lebih kebelakang daripada si pengumpan, ketika si pengumpan berlari kedepan, tentukan timing lalu lakukan umpan terobosan (*ini bisa dilakukan di area tengah dan sangat efektif diterapkan di area sayap).
sebagai ilustrasi>>> pemain yg sedang berada di sektor sayap mengirimkan umpan ke belakang (*kepada wingback atau sideback), kemudian si pengumpan langsung berlari ke depan, lalu si wingback mengirim umpan terobosan, bawalah bola sampai pada jarak ideal crossing, lalu lepaskan umpan crossing, pemain yg berada di area kotak penalty bersiap menyundul bola.
(!!!!) sudah bukan rahasia lagi, cara paling sederhana dan PALING EFEKTIF untuk mencetak goal (*presentase goalnya sangat tinggi) dalam PES2011 ini adalah dengan cara crossing di pinggir lapangan.
*****
dalam hal menyerangpun, CPU masih berfokus menyerang di sektor sayap,jadi usahakan perkuat pertahanan sektor sayap dengan menggeser sideback kepinggir untuk meredam serangan dari sayap, CPU akan berusaha sekuatnya untuk menyerang dari sayap kemudian melepas crossing.
untuk menghadapi CPU, sedikit saran, terapkan formasi dengan 3 gelandang tengah (*untuk menguasai ball possesion), menurut saya formasi ideal adalah 4-3-3 ala barcelona, hanya saja saya menarik lebih kedalam 4 pemain belakang untuk lebih mundur dan mengubah team style defending agar lebih proporsional dalam bertahan (*tidak terlalu ofensive), tetapi masalah strategi, kembali lagi sesuai selera dan gaya bermain users.
intinya terbiasa bermain melawan CPU, pahami dan pelajari karakter permainan CPU, kemudian patahkan strategi musuh.
menurut pengalaman, karakter permainan CPU sama (*pengalaman main PES2008 s/d PES2011), kalo udah pernah main PES seri sebelum2nya, apalagi dulu rajin main master league, pasti cepet bosen main musuh CPU di PES011 ini, kurang menantang, apalagi bermain melawan team yg mempunyai kelas yg sebanding.
TIPS melawan CPU PES2011

Strategi Winning Eleven / Pro Evolution Soccer 2011

Strategi Winning Eleven / Pro Evolution Soccer 2011di dalam WE ato PES, ada menu yang digunakan untuk mengatur strategi tim kita. Komputer sudah memberikannya secara deafult, tapi jika kita merasa strategi tersebut kurang cocok, maka kita bisa mengubahnya dan mengatur agar strategi yang ada sesuai dengan tipe permainan kita.
Langkah-langkahnya yaitu:
- pada menu formation, pilih set tactics -> change game plan (based on PES)
- akan ada 4 tempat untuk setrategi yang masing-masing diwakili oleh hotkey
- atur strategi apa saja yang akan kita gunakan pada tim kita
- mulai permainan, dan gunakan setrateginya dengan menekan hotkey
penjelasan:
dengan menggunakan fitur ini, kita akan lebih mudah dalam melakukan penyerangan. Sebagai contoh, kita bermain dengan mengandalkan kedua sayap kita. Nah, dengan mengaktifkan left side / right side attack, maka pemain akan menyesuaikan pola ini sehingga mereka akan berusaha mencari posisi yang dirasa dapat mendukung strategi ini. Begitupun jika kita menerapkan strategi CB overlap…ini akan membuat CB kita ikut membantu penyerangan begitu ada celah kosong.
How to use it?
Kita cukup menekan hotkey yang mewakili tiap-tiap strategi (L2+O, L2+X, L2+/\, L2+kotak)
Jika merasa terlalu rumit, maka setrategi ini bisa di set menjadi otomatis (dengan menekan /\), sehingga pengontrolan sepenuhnya dilakukan oleh komputer atau diubah menjadi semi-auto, dimana kita hanya diberikan kontrol penuh hanya pada satu strategi saja, sedangkan 3 lainnya komputer yang menangani.
Fungsi dari masing-masing strategi:
Centre attack
Serangan akan dibangun dari tengah. Cocok untuk tim dengan striker berkecepatan tinggi dan dribling yang baik.
Right / left side attack
Serangan dibangun dari sisi kanan/kiri. Bagi tim yang memiliki pemain sayap tangguh dan crossing yang akurat, strategi ini cocok untuk digunakan.
Opposite side attack
Serangan akan dibangun dari sisi yang berlawanan. Jika suka menerapkan long pass dan membuka ruang, strategi ini bisa digunakan.
Change side
Bertukar posisi. Pemain akan secara otomatis menggantikan posisi pemain lain. Dengan demikian, pemain kita tidak akan terlalu terpaku pada posisi utama mereka dan akan bergerak lebih leluasa. Disarankan bagi tim-tim dengan pemain berstamina tinggi.
CB overlap
Bek akan bergerak maju membantu serangan. Bagi pemain dengan tipe fast attack, ini bisa sangat berguna.
Pressure
Tim kita akan berusaha menekan permaian tim lawan…diterapkan bila kita sudah memimpin.
Counter attack
Serangan balik. Pemain kita (terutama striker) akan berusaha mencari daerah kosong untuk menerima umpan terobosan.
Offside trap
Everybody knows about this…:)
Strategi plan A/B
Digunakan bagi mereka yang memiliki banyak formasi andalan. Dengan mengatur formasi alternatif pada plan A maupun plan B, tim akan dengan mudah melakukan perubahan formasi.
Tips:
Berdasarkan cara maen gw, beberapa tim cocok dengan strategi seperti ini:
- Barca : centre, right, left side attack, n pressure.
- MU: right,left side attack, CB overlap, counter attack
- Milan : centre, right, left side attack, n change side
- Inter : right, left side attack, CB overlap, offside trap
- Chelsea : centre, right, left side attack, n counter attack
- Liverpool : right, left side attack, counter attack, n change side
Mungkin segini dulu dari gw..buat temen-temen yang mau ngasih tambahan atau nanya-nanya, dipersilahkan…
Strategi Winning Eleven / Pro Evolution Soccer 2011

Free Kick Caranya Tendangan Bebas Yang Ampuh

free kick caranya tendangan bebas yang ampuh
tendangan bebas yg ampuh…!
tentu ada pertimbangan2 tertentu untuk menentukan siapa yang “set piece taker”
untuk jarak yang cukup dekat dgn gawang tentu pemain dgn “shot power” yang besar yang harus dipakai.
Jika agak jauh, gunakan player dgn shot padanan shot power dan accuracy yg baik.
Dan yang pasti, buat arah bola lurus ke gawang melalui pemain “terpendek” yang jadi pagar gawang. Selanjutnya tinggal berlatih dengan trik2 bawah
R2 Memang membuat pemain kita mengeping bola jadi lebih lengket bolanya.
Untuk Gaya Zidane Pake Dual Shock yang sebelah Kanan kayaknya R3 de (Kalau nggak salah ya!) diputar 160 Derajat. maklum aku maen pake PC, jadi STICK nya cuma ada angka.
trus untuk Ronaldo pake R1 satu kayaknya tap 2x
Untuk Mengecoh saat pada shooting, ini kalau jaraknya pas Kiper atau Guard bisa ketipu. Merka akan menjatuhkan diri. Tapi kalau kejauhan mereka juga nggak stupid, malah dikirain kita yang stupid he he he he Saat sudah tekan Shoot (Kotak) atau loop (O), sesegera mungkin tekan X atau passing.
Untuk diving, tekan (R1 + L1) jika sudah siap unutk melakukan diving tekan L2. Tapi hati2 kalau momennya nggak pas, kita akan kena kartu kuning, usahakan ketutup dari pandangan wasit, baik hakim garis ataupun hakim lapangan. dari beberapa percobaan baru 3 kali sukses dapet penalty, sisanya kartu kuning. Hi……
Untuk mengontrol bola dengan satu kali dan ditarik kebelakang, tekan R2 lalu tari mainnya ke belakang. Jadi intinya kamu bisa ngembangin trik individual kamu dengan R2 explore aja sendiri.
Untuk Free Kick, tekan L1 terlebih dahulu sebelum eksekusi. lalu atau bingung ini mau kasih logo tombolnya. PAK ADMIN KASIH THUMBAIL ATAU SMILEY NYA TOMBOL STICK DONG!!!! jadi kalau mau share ketemen2 yang berhubungan dengan penggunaan Stick jadi gampang. O iya sampai mana tadi, habis tekan L1 lalu mengarahkan bola nya menggunakan tombol direction:
Kalau Direct atas, unutk bola jauh 28 ke atas Direct kanan agar bola melengkung kekananDirect ke kiri agar bola melengkung kekiriDirect ke bawah agar bola melengkung ke bawah, ini biasanya aku pakai jika jarakn FK dengan GOALnya 17 – 20 m dengan pemain yang mempunyai shooy power 90 keatas.free kick caranya tendangan bebas yang ampuh

Trick for Individual perfomance pes / we

Trick for Individual perfomance pes / we
Trick for Individual perfomance
NutmegWhile standing with R2, Press Back+R2 and Forward+R2 quickly.
DivingL1+L2+R1
Shirt PullR1+X
Look Up CrossL1+R1 Then O
Crossing StanceL1 then R1 x3
Drag Ball StepoverL1+R1 Then L1 2x
Drag Ball Into Stepover DashL1+R1 Then 2x L1+R1
Sidestep StepoverDo a sidestep up/or/down+R2 then quickly press L1 x2
Go Around The BallWhile running hold L1 then tap quickly R1 x2
aku dah coba Trick Divingnya, ternyata waktu melakukan diving jangan terlihat oleh wasit, dan usahakan paling tidak 3 orang yang jagain kita dari beberapa percobaan baru 3 kali berhasil sisa kartu kuning
Trick for Individual perfomance pes / we

lingkaran(umpan jarak jauh) adalah tombol ajaib

lingkaran(umpan jarak jauh) adalah tombol ajaib
1.Free Kick, bisa dilakukan pemain siapapun ,jarak manapun asalkan diatas layar tertera “….”meter (bahkan di garis tengah lapangan) bisa gol. Caranya pertama geser sedikit posisi penendang ke arah kiri atau kanan (relatif, biasanya untuk penendang kaki kanan, geser ke kanan, begitu juga sebaliknya), tekan lingkaran (tombol umpan jarak jauh) ingat! bukan kotak, power bisa dilatih di mode training, setelah bola melayang tahan L1(switch player) kemudian swerve( tahan tombol arah,biasanya ke bawah). Bila sudah terbiasa presentase gol mencapai 50%. Tips ini sudah diuji pada semua kiper papan atas (buffon, cech,van der sar, dll) dengan jarak free kick diatas 45 meter dan gol.
2.one-on-one, ketika one-on-one dengan kiper tahan arah depan lalu tekan lingkaran(power tembakan bisa dilatih di training mode) .Jarak tembakan bahkan bisa mencapai lebih dari 40-an meter,tetapi paling efektif ketika berhadapan jarak dekat dengan kiper lawan. NB: pemain yang melakukan gerakan ini adalah pemain yang berada pada posisi terdepan. presentasi gol 100%.
3.Alternative shoot, tekan lingkaran (umpan jarak jauh)+ tahan tombol arah depan untuk mencetak gol.
4.mengkartu merahkan kiper lawan + penalty kick, ada dua cara 1) ketika one-on-one dengan kiper, tekan kotak(tombol shoot) dan X(umpan pendek) secara hampir bersamaan + tekan tombol arah untuk melakukan gerakan tipuan agar kiper melakukan pelanggaran (2) ketika one-on-one dg kiper tekan segitiga ke arah samping untuk membuang bola agar kiper yang hendak mengambil bola terkecoh lalu menabrak pemain kita. cara (2) ini hanya bisa dilakukan pada kodisi ketika pemain yang menggiring bola pada posisi terdepan dan sendirian,emang relatif susah sih,tapi selamat mencoba
untuk menangkal tips 1 dan2 diatas, pada saat menset formasi, posisikan kiper kita pada level defense high agar kiper selalu pada on positionnya.
lingkaran(umpan jarak jauh) adalah tombol ajaib

Ringkasan Rahasia Winning ElevenTeknik Dasar Dribbling DRIBBLE adalah cara menggiring dan mempermainkan bola dengan kaki. Teknik ini digunakan untuk mempertahankan bola dan mengecoh pemain lawan. Cobalah untuk menguasainya dengan cara menekan keypad arah, atau analog kiri. Variasi Dribble dalam Winning Eleven : Dribble berputar – Tekan keypad arah secara berlawanan. Jump (melompat / menghindari tekel) – Tekan tombol R2 Gerakan menipu sambil berlari dengan bola – Tekan tombol R1 Dash (dribble sambil berlari) – Tekan tombol R1 + keypad arah. High speed dash (dribble cepat) – Tekan tombol R1 + tekan dua kali keypad arah Dribble lambat – Tekan tombol R1 + keypad arah Dribble super cepat – Tekan tombol R1 + R2 + keypad arah secara diagonal Marseille Roulette (putaran 360 derajat) – Putar analog kanan (R3) sampai 360 derajat. Tendangan Bebas : 1. Hindari tembok, arahkan saja ke kipernya, 2. Dari sudut manapun bisa, arahkan saja ke kipernya. 3. Perkirakan kekuatan tendangan. untuk 25 meter kebawah, bar power tendangan jangan sampai melebihi setengah. 4. Gunakan tendangan super** (lihat bawah). 5. Gunakan penendang yang punya power OK (lampard, adriano, totti, dll). Tendangan Penjuru: 1. Gunakan tendangan “pisang”(tekan arah navigasi kanan/kiri setelah menendang), oleh karena itu.. 2. Gunakan penendang yang punya curling tinggi 3. Disesuaikan dengan arah/kaki dominan penendang, misal corner kick dari kiri, gunakan penendang dengan dominan kaki kanan, sehingga tendangan pisanganya lebih menukik ke kiri, dan sebaliknya. 4. Arahnya diperkirakan bola menukik ke gawang(diarahkan ke kipernya jg gpp). * in the game : kalo keliatan kosong (tinggal kiper, tidak terhalang bek) tembak saja! ** Tendangan super : bisa dilatih di training kok,intinya adalah menendang dengan keras dan terarah. kalo ga salah mencetnya; setelah dipencet kotak (shoot), tekan dan tahan R1+segitiga+arah depan *** tahan R1+L1 jalan/lari miring, bagus untuk tipu2. Tips dalam permainan 1. Berlarilah atau berjalan zig-zag, jangan lurus terus, untuk mengecoh lawan… 2. Gunakan Stop tiba2 untuk mengecoh lawan anda. tekan R1 (setelah lepaskan tombol arah), atau tekan R2 (yg ini stop dan menghadap ke arah gawang lawan). TENDANGAN sudut merupakan salah satu momen yang berpeluang menghasilkan gol. Agar gamer mampu memanfaatkannya, hal paling mendasar adalah memilih pemain spesialis tendangan sudut. Ini sangat menentukan karena arah bola dan kurva tendangan spesialis corner susah ditebak oleh pemain-pemain lawan. Selain itu, operannya memudahkan pemain lain mencetak gol. 1. Langsung ke mulut gawang Teknik ini lazim digunakan. Penendang langsung mengirimkan umpan ke kotak penalti lawan dan rekannya bersiap menyambut bola. Sebelum melakukannya, atur arah tendangan menggunakan keypad arah. Cari rekan di kotak penalti lawan yang berdiri bebas. Begitu waktunya tepat, langsung tekan tombol bulat. Apabila calon penerima umpan dijaga lawan, caranya sedikit diubah. Tekan tombol L1 dan tombol bulat untuk mengumpan. Power yang digunakan jangan lebih dari setengah bar. Saat bola melambung tekan R2 agar pemain itu menyikut atau mendorong bek lawan, sambil mengejar bola. Waktu bola melayang, penerima umpan melanjutkan dengan menekan tombol kotak. Ketika menekan tombol bulat, gunakan power kira-kira setengah bar. 2. Diumpan ke rekan terdekat Jangan langsung menekan tombol bulat untuk melakukannya. Lihat posisi rekan lain di depan kotak penalti lawan. Jika semua dijaga, carilah rekan yang terdekat dengan penendang. Umpanlah kepadanya. Gerakkan pemain penyambut itu dengan menekan R2. Ketika bola masih mengambang, tekan kotak dua kali. Tapi ingat, gauge jangan lebih dari setengah bar. Terakhir, jika ada pemain bebas dan berdiri di dekat pinggir lapangan, cepat tekan tombol silang. Setelah itu tekan tombol bulat tiga kali dan bola akan menyusur tanah. Arahkan ke gawang, dan pemain lain sudah siap melakukan tendangan first time atau diving header. Tips tambahan: 1. Tekan silang usai bola dilepaskan untuk mengarahkan ke pemain di tiang dekat. 2. Tekan segitiga usai bola dilepaskan untuk mengarahkan ke pemain di tiang jauh. 3. Sambil menekan tombol bulat saat hendak menendang, gerakkan keypad ke kiri atau kanan untuk memberi efek melengkung. Beberapa Tricks. 1. Lari biar makin cepet = tahan R1 ambil pencet arah yg dituju secara trus menerus 2. Loss in bola = saat terima passing lepas semua tombol n tahan R1 3. Loss in bola tapi ngejer = saat terima bola lepas semua tombol dan tahan R1 serta arah yang dituju 4. Clive turn = saat bawa bola puter analog kanan 5. Terima bola ke arah gawang = saat terima pasing lepas smua tombol dan tahan tombol R2 6. Fake step = saat diam dalam posisi megang bola dan posisi ngarah ke gawang (tergantung posisi kemana kita mengarah beda pencetan ). Asumsi posisi kita menyerang ke gawang kanan maka posisi badan pemain bner2 lurus ke kanan, lalu dalam posisi diam, tekan tombol serong atas atau atas sebanyak 2x, atau tombol bawah atau serong bawah sebanyak 2x 7. Play the ball = saat posisi diam dan memegang bola tekan R2 sbanyak 2x 8. Gocek 1 = saat berlari dan membawa bola tekan tombol L1 sbanyak 2x 9. Gocek 2 = saat berlari dan membawa bola tekan tombol R2 sbanyak 2x 10. Gocek Special = Cuma untuk pemain2 yg berskill tinggi keq Cristiano Ronaldo, Ronaldinho, Robinho, etc ( bner2 SUPERSTAR yg jago dribble yach) saat berlari dan membawa bola tekan tombol R2 sbanyak 3x 11. Gocek kiri kanan diam = dalam posisi diam dan memegang bola tekan tombol serong ke arah yg berlawanan, misal pemain kita menghadap ke kanan, lalu tekan tombol serong kanan atas lalu secara cepat tekan tombol serong kanan bwah 12. Gocek kiri kanan jalan = sama teorinya keq gocek yg no 11 cuma dilakukan saat jalan (bukan lari lho). Catatan : itu pencet serong atas lalu bawah nya bner2 mesti cepet seperti seakan – akan menyeret, klo gak gitu ga bakal kluar. 13. Stopin bola 1 = Saat lari lalu lepas semua tombol lalu tekan R1 14. Stopin bola 2 = saat lari laulu lepas semua tombol lalu tekan R2 15. Passing lambung sedang = saat passing lambung di deket daerah penalty tekan O 2x 16. Passing lambung leret = saat pasaing lambung di deket daerah penalty tekan O 3x 17. One two datar = saat mao passing tekan tombol L1+X lalu Segitiga 18. One two datar = saat mao passing tekan tombol L1+X lalu O 19. Tendangan congkel 1 = saat tendang tekan tombol L1+Kotak 20. Tendangan congkel 2 = saat tendang tekan Kotak setelah power bar terisi dan pemain lum nendang tekan R2 21. Tendangan lebih akurat = saat tendang tekan tombol Kotak+R2 (bola bkal menjadi lebi pelan tetapi lebi akurat) 22. Drive shot = tendang (pake Kotak )pas bola lagi memantul atau bola lum memantul dan pastikan bner2 pas dengan posisi kaki, maka bola yg ditendang akan melambung lalu nukik ke bawah 23. Trik Dribble jauh = tekan R1+R2 pada saat dribble ke arah yang diinginkan. 24. Super Cancel = Pada saat umpan ataupun tendang, pada waktu bar power terisi dan belum melepaskan umpan ataupun tendangan segera tekan R1+R2 25. Free Movement = pada saat ga pegang bola ataupun saat trima bola, tekan R1+R2 maka kita bisa bebas menggerakan pemain ke arah manapun ( jadi saat menunggu bola kita bisa memotong jalan dengan bebas, ataupun sundul, kita bisa memotong pemain kita ke arah depan penjaga kita sehingga dalam sundulan bisa menjadi lebih efektif karena menang posisi- posisi kita jadi di depan penjaga-) 26.Free Kick 1 = saat tendang freekick tekan R2+Kotak, maka bola akan menjadi lebih terarah tetapi tenaga berkurang. 27.Free Kick 2 = saat tendang freekick tekan R1+Kotak, maka bola akan menjadi lebih kencang tapi lebi pendek lambungannya 28. Free Kick 3 = saat free kick tekan tombol kotak + tombol bawah untuk semakin melambungkan bola, tapi tenaga berkurang 29. Free Kick 4 = saat free kick tekan tombol kotak + tombol atas untuk semakin menambah tenaga, tetapi lambungannya menjadi agak pendek 30. Free Kick 2 orang = pada saat freekick tekan R1+R1 maka freekick mode akan menjadi 2 orang 31. Free Kick 2 orang shoot 1 = saat free kick 2 orang, tekan L1+X maka orang ke 2 akan mempassing bola secara pelan 32. Free Kick 2 orang shoot 2 = saat free kick 2 orang tekan tombol L1+Kotak maka orang ke 2 lha yang akan mengambil tendangan Catatan = Trik Free kick tersebut bisa dilakukan secara bareng asal sama jenisnya, contoh : Free Kick 1 + Free Kick 3 makan bola makin akurat tetapi no Power 33.Trik julur bola ke depan : saat drible lurus ( contoh drible ke kanan lurus) gesek tombol R3 ke atas bawah atas atau sebaliknya dengan cepat 34. Pager betis 1 : tekan O saat saat bola mao ditendang agar pager betisnya pada lari maju 35. Pager betis 2 : tekan X saat bola mao ditendang agar pager betisnya diem ( tidak melompat) Ringkasan Rahasia Winning Eleven

tips main pes 2011

tips main pes 2011klo qta di kerubungin cobain aja pake tombol arah 2x,misalnya klo qta lg bawa bola ke kanan nah pencet kanan2(lebih enak pake keypad jgn pake analog), ya lumayan ampuh lah cara ini. Truz klo crossing, qta liat dulu temen qta yg ada d kotak penalti, klo lg lari dari belakang(istilah kerennya coming from behind)lebih efektif klo qta pencet tombol o dua kali. Nah klo temen qta dah nunggu dikotak penalti ataw di marking lawan lebih efektif pencet tombol o nya sekali aja, biasanya suka terjadi kemelut. Yg terakhir, klo temen qta sendirian di kotak penalti lawan(tanpa ada pengawalan)pencet o 3 kali. Ya ini sich saran aja dari gw, klo bro udah tau y sukurlah(moga2 sich blm tau biar usaha gw cape2 ngetik ga sia2 hahaha becanda bro). Klo ada temen2 yg lain yg mau meralat ataw punya cara yg lebih canggih ditunggu triknya

untuk umpan tanduk atas, lebih asyiknya pakai umpan croosing pendek saja, sembari berlari tekan segitiga+R1 (umpan lambung)+ arah + R2 …. jeda bola melambung… tekan petak+R2 untuk tendangan/tandukan dengan tekniknya. pengalaman pribadi umpan lambung bagusnya dilakukan oleh pemain yang punya akurasi dan teknik tendangan yang baik.
timing ketika dribling itu penting. meleset dikit , terlalu dekat dgn pemain lawan.. apalagi lawannya ber-body balance yahuud.. bakal gagal.
tip gw sih:
1. jgn dioper ke pemain yg bnyk dimarking , kalau dioper-pun segera quick-passing ke pemain lain.
2. jgn terlalu dekat dgn pemain lawan.. buruan passing
tips main pes 2011
1. mental
penting nih.. klo mental lagi ok.. konsentrasi lu baik , lebih santai bermain dan tenang meski ketinggalan goal . klo lagi ada masalah , jgn dipaksa main juga .. bisa bercabang ntar konsentrasinya :) , gw udah buktiin , kalah terus kalau lg bnyk problem hehe
2. membaca permainan lawan / komputer
ini bth latihan mengenali karakter lawan.. ada yg santai , ada yg grusak grusuk . terima bola langsung oper ke pemain depan.. dst dst. klo jago membaca permainan , lu bakal tahu kira2 bakal kemana passing/attacking/pass through selanjutnya. penting ketika defence nih
note: komputer lebih susah ditebak .. tapi kadang2 berhasil
3. marking / pressing
kalau lawan passing bola , lu jgn buru2 pressing .. sabarrr , tunggu saat yg tepat. biar computer player aja yg pressing .. lu ngontrol pemain lain utk marking pemain lawan lain , yg kira2 akan dipassing. jika misal lawan lengah , lu buru2 switch ke pemain yg pressing ..ambil bolanya :) ..
ketika lagi dicounter attack , jgn buru2 pressing . liat , ada pemain lain gaa yg bakal dipassing. skrg tinggal putusin aja, kira2 dia passing ke temennya atau ga . nah decision ini harus latihan..lihat no2
4. random,
jgn monoton serangannya .. sayap teruuus , tengah teruss.. buru2 passing , oper ke messi teruus .. dst dst. bikin supaya ga gampang dibaca oleh lawan.
kiper VS player

bila berhadapan dengan kiper tendang saja sembari menekan r2 supaya tendangannya akurat + tekhnik dikit. pengalaman aku pribadi dalam kondisi di press pun tendangan +r2 95 berbuah goal selalu (uji coba selama ini dalam 500x pertandingan).
pakai pemain dengan tecnic shoot yang lumayan tinggi ex drogba atau om din_boneng_ho. selebihnya jebak kiper supaya menagkap bola dan kamu tinggal diving saja.. kombinasinya pasti sudah tahu..
keep melek

Bagi-bagi tips PES 2010…
ATTACKING :
## sering-seringlah umpan pass-to-pass pendek, soalnya PES 2010 beda ma yg dulu. Klo di PES2010 semakin kita sering melakukan umpan pass-to-pass pendek, maka mental pemain kita akan naik secara otomatis, begitu juga pergerakannya akan jadi lebih bagus. Tapi sebaliknya, jika umpan-umpan kita sering ketebak sama lawan maka mental dan pergerakan akan memburuk. Jadi intinya JANGAN GURAK-GRUSUK. (pernah liat ga Barca Vs MU di final Liga champion???)
## ketika ingin menyerang dengan center attack… usahakan pemain tengah yang dribble acc nya tinggi… klo gw sih pake tipuan… gw nyerang lewat tengah pas lawan mw pressing dr tengah cepat2 pencet O ke SS kanan ataw kiri (form 4-3-3)… jangan lupa attack levelnya nyampe warna merah pake L2+R1… setelah itu ya umpan croosing deh….
Klo males nglakuin strategi yang itu, gw biasanya drible aja sendiri + umpan 1/2 nyari celah buat trough pass…
## Biar dapet gol dari Croosing sayap : pengumpan harus pass acc yng bagus…. jangan lupa sambil lirik2 pemain yang akan diberi umpan, pemain harus dalam on position (rada bebas) >>> pencet deh O 2x >>> eits belum selesai >>> pindahin cursor ke pemain yang akan melakukan heading, lalu gerakan pemain itu melewati lawan yang marking >>> PLOOSSSHHH!!!! gol
Biar Dapet Gol dari tengah : ketika trough pass… usahakan peng-eksekusi jangan berlari kencang terus… kombinasikan dengan berjalan n R2… klo udah head-to-head dengan kiper JANGAN PANIK.. sambil memelankan lari… gocek aja kecoh kiper kanan atw kiri pake arah diagonal+R1 (harus liat timing kiper mw nangkep bola) … pass nendang power gauge nya dikit aja…. coz gw pikir lebih efektif daripada diving / tendang langsung… latihan aja di training mode.
## gol lewat bawah kaki pagar betis lawan pas freekick : gw sering pake penendang yg setara kaya Xavi… henry susah minta ampun… caranya klo pake yg sekelas xavi… pencet d-pad atas tahan + kotak (kotaknya nyolek aja 1/10 lah)… klo susah ya… latihan aja di training mode…
## Harus pintar membaca pergerakan defense lawan. Klo lawan kamu di marking jangan diberi umpan, tunggu dulu sambil gocek-gocek, klo udah keliatan longgar baru di kasih bola.
## Gw sering nglakuin umpan L1+segitiga, tp ngumpannya ke pemain yang kaya Pato, Henry, Messi, Rooney… gitu loh…
DEFENSE :
## klo musuh lagi tic-tac, gw jarang pake R1+X+arah klo ngejar… gw cm pake arah doang + pindah2in cursor (L1)… artinya gw marking ataw putusin jalur yang kira2 jadi jalur operan lawan kamu… klo dah jago, lawan akan sulit untuk bisa nyerang… dengan operan pendek… yaaah sesekali deh pake R1 buat nyari tempat marking…
## klo kita diserang dari sayap… untuk menghalau bola… tekniknya sama kaya kita nyerang lewat sayap… yaitu pindahin kursor, jalankan pemain di deket / depan pemain lawan yang akan heading… lalu kotak deh… gw sih seringnya pake X (walopun berbahaya hehehe)…
FORMASI : formasi default sebenernya yang paling bagus.. karena komputer tau formasi mana yang paling cocok buat tim kamu… tapi gw sih sering pake 4:3:3 atw 4:5:1… lebih stabil menurut gw…
## full defense : pencet tuh L2+R2 mpe sinyal warna yg paling bawah biru
cara mengkolong kiper
tekan kotak plus R2 saat head to head dengan kiper,walaupun power gauge udah 1/2 ato 3/4 parameter tendangan yang dihasilkan akan datar menyusur lapangan
Cara merebut bola dari lawan secara efektif
jangan terlalu mengandalakan X+R1 sesekali gunakan X+R2
keunggulan dari X+R2 adalah apabila musuh dribling secara lurus pemain kita yang mengawal akan secara continue(baca:kontinyu) akan berusaha berebut bola
beda dengan X+R1:hanya sesekali menunggu timing tepat baru mencoba merebut bola dan sesekali kombinasikan dengan kotak
cara efektif untuk menghentikan lawan2 dengan skil excellent kayak messi dkk adalah berlari disampingnya kira 1 yard dengan sekali-kali menekan tombol x untuk presing…. tapi biasakan untuk memotong pergerakannya tanpa menekan tombol x hanya R1 karena kalo si doi tiba2 belok atau melakukan tricky dribling pemain kita tidak ketinggalan…
nih cara butuh timming super alias harus pas buanget… kalo pas kita pressing tuh bintang (messi dkk) pas lagi narik kaos ushakan bola yang didribling pas kembali kekakinya potong dengan tekling… ini mujarab kalo lawan mengandalkan speed… tapi kalo tiba2 lawan berubah arah paling2 diganjar freekick tanpa kartu sejauh ini berhasil buat gw…
saran gw kalo defend itu lebih baik menahan laju bola bukan berusaha merebutnya karena kalo kita terus berusaha merebut dan ngga dapet2 maka team kita akan frustasi dan akan berantakan mainnya… ball position adalah kunci untuk menaikan awarness team kita
defending

sliding terbaik dalam pes adalah ketika pemain lawan mulai berlari atau sedikit membuat jarak antara bola dan kakinya istilah awamnya double dash(R1,R1) nah pada saat ini pergerakan pemain tersebut akan sangat terbatas… kalo dari depan kemungkinan foul sangat sedikit.. tapi kalo kita sejajar atau dibelakang pemain maka timmingnya harus tepat sehingga tidak terjadi foul… kalo dari belakang usahakan takling kita menyapu bola timingnya mudah2 gampang… kalo bola terlalu jauh dan kita dibelakang maka harus sabar sampe bola tepat kembali kekaki si pemain tapi kalo disamping konsentrasi pada bola usahakan bola disapu sehingga biasanya pemain lawan tersebut akan ikut jatuh… tapi tidak foul…
tips untuk menghadapi pemain 1 one 1 dengan kiper menggunakan segitiga dan R2… biasanya saat 1 on 1 kiper kita sering digantung atau lengser maka biasanya gw menggunakan tombol segita untuk mempersempit ruang secukupnya kemudian pas penyerang ancang2 shoting gw tekan R2… efektif kalo dalam kotak penalti namun saat jarak penyerang menendang agak sedikit jauh trik ini agak lemah karena menekan tombol R2 saat shoot akan membuat kipper memuntahkan bola bukan menangkapnya… ingat sesekali menekan segitiga dan tombol R2… boleh juga bersamaan…
sedikit mo berbagi trick freekick…
bila team kita mendapat hadiah freekick sedikit diluar kotak penalty, ada satu trick dengan persentase gol lumayan gede (tergantung freekick taker nya)
pilih freekick taker dengan nilai paling besar, kalo ada yg sama pilih yg mempunyai shoot power & shoot accuracy lebih besar..
arahkan ke tiang jauh, kira2 aja sendiri arahnya dah paling mepet ke tiang jauh, tekan arah bawah + O sampai power gaugenya mentok…
jadi deh tuh bola menyusur tanah melewati pagar betis yg pada melompat & goooooaaaaallll

RAngkuman beberapa tips dan trik yang mungkin kamu harus tahu

RAngkuman beberapa tips dan trik yang mungkin kamu harus tahu
kalo m crossing datar teken o 3x, kalo teken o sekali crossing jauh, o 2x crossing dket
trik kalo giring bola tekan maju 2x ntr muncul variasi giringan juga gan
,caranya dribel biasa lalu tekan R1,,pasti pemain berhenti mendadak
player setting diseting manual,,katanya pertahanan terbaik harus manual
tembak aja langsung dari tengah terus pencet R2 pasti bola nukik kebawah kalo di PES bisa buat ngegolin dari
tengah lapangan tapi di WE ane gak tau
one-two
sambil berlari tekan L1 dan X sebelum menerima bola tekan segitiga
sambil berlari tekan L1 dan X sebelum menerima bola tekan kotak(bola agak di angkat)
pergerakan
TIPS MELAKUKAN TEMBAKAN
Bermain sepakbola tujuan akhirnya ya mencetak gol. Sebagus apapun kita melakukan metoda pertahanan, membangun serangan, tapi kalau tidak bisa melakukan penyelesaian maka hasil akhirnya pasti tidak sesuai yang diharapkan. Untuk melakukan penyelesaian akhir yang bagus terkadang seseorang hanya terpacu untuk melakukan tembakan ke gawang lawan sebanyak-banyaknya, walaupun kadang disadari bahwa ada pola tertentu, posisi dan cara menembak tertentu dimana tingkat keberhasilannya lebih besar. Dari sini kita mulai berpikir untuk mendapatkan cara yang paling efektif untuk melepaskan tembakan sehingga usaha membangun serangan yang dilakukan dengan susah payah bisa terbayar dengan gol. (R9)

Kaki Dominan
Untuk pemain pemula, mungkin sering kali melupakan untuk melihat stats pemain yang akan bertugas melakukan tembakan, pokoknya main saja. Padahal dengan mengetahui kaki dominant dari pemain penyerang, kita akan mendapatkan tembakan yang jauh lebih efektif jika menggunakan kaki dominant. Contoh: misalkan pemain seperti Cristiano Ronaldo yang memiliki kaki dominant kanan, kita pasang di sayap kiri, dan saat bermain kita menggunakannya untuk melakukan shooting dari sektor kiri langsung memakai kaki kiri pasti hasilnya tidak akan seefektif memakai kaki kanan. Begitu pula dengan Ryan Giggs yang memiliki kaki dominant kaki kiri, hasilnya pasti tidak efektif kalau dipaksa melakukan tembakan kaki kanan. Hal yang sama juga berlaku untuk melakukan umpan. Pastikan penempatan posisi disesuaikan dengan kaki dominant sehingga dalam melakukan umpan akan lebih terarah. Disamping stats kaki dominant, kita juga harus memperhatikan stats Weak Foot Accuracy, jika nilainya 7 berarti pemain yang kita pakai memiliki efisiensi yang tinggi meskipun dia menendang bukan dengan kaki dominant. Satu lagi stats yang penting adalah special ability bintang untuk parameter outside. Special ability ini menunjukkan, jika pemain dalam posisi yang benar untuk melakukan tembakan dengan kaki dominannya, maka dia akan memakai outside foot (punggung kaki) saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper, untuk menempatkan bola di lokasi yang tidak terjangkau oleh kiper dengan akurasi yang lebih bagus dibanding menendang dengan kaki bagian dalam.
Posisi badan saat menendang
Sama seperti di sepakbola nyata, jika posisi badan pemain tidak menghadap ke mulut gawang atau bahkan membelakangi gawang saat melakukan tembakan, maka dipastikan akurasi dari tembakannya akan jauh berkurang. Hal ini karena pemain memerlukan gerakan berputar dahulu sebelum melakukan tembakan yang memang pada kenyataannya tidak mudah. Hal ini berlaku untuk pemain secara umum, walaupun ada pengecualian untuk pemain yang memiliki stats istimewa untuk Shot Technique, Shot Accuracy, dan Shot Power. Untuk yang pernah bermain memakai striker seperti Henry pasti pernah merasakan meskipun dia dalam posisi badan membelakangi gawang, dia bisa melakukan tembakan backheel langsung ke gawang dengan accuracy yang luar biasa. Dengan catatan, posisi bola harus diumpan mendatar pas dikaki Henry. Bagaimana kalau pemainnya dengan stats “biasa-biasa” saja? Usahakan saat akan melakukan tembakan posisi pemain menghadap langsung ke gawang, atau setidaknya memiliki area efektif sekitar 90 derajat didepan pemain menghadap ke gawang, terutama saat akan melakukan tembakan dari luar kotak penalty. Disamping itu, usahakan posisi bola agak digeser kedepan saat akan melakukan tembakan sambil berlari seperti saat melakukan gerakan trick dribbling atau setelah gerakan feint. Hal ini akan memaksimalkan potensi stats pemain dalam melakukan tembakan yang lebih akurat. Tetapi jika penyerang kita bisa berhasil melakukan penetrasi masuk kedalam kotak penalty, dengan jarak kurang dari 18m meskipun posisi badan pemain parallel/searah dengan mulut gawang, biasanya tembakan akan tetap akurat untuk mencetak gol. Hal yang lebih penting adalah jangan memaksakan melakukan tembakan bila ditempel ketat oleh pemain bertahan lawan, akurasi tembakan dipastikan akan sangat jauh berkurang apalagi jika penendang kita memiliki stats shot technique yang tidak bagus. Usahakan mendapatkan ruang tembak dulu dengan fake shot atau diumpan kepemain lain yang memiliki ruang tembak yang lebih lapang.
Tembakan First time
WE benar-benar berusaha semaksimal mungkin mensimulasikan dengan kondisi nyata saat pemain melakukan tembakan first time. Hal ini sering kita lihat saat penyerang kita menerima umpan dan melakukan tembakan first time, banyak sekali variasi gerakan yang diperlihatkan mulai dari sundulan diam, sundulan lompat, sundulan diving, tendangan volley, tembakan sliding, tendangan gunting, tembakan backheel, sampai tembakan salto (overhead kick). Apakah hal ini hanya kebetulan tergantung konsol? Jawabannya tidak! Cara pemain melakukan tembakan first time tergantung pada posisi pemain dan posisi bola saat menerima umpan. Berikut akan kita bagi posisi pemain menjadi tiga bagian yaitu posisi pemain bergerak, posisi pemain diam, dan posisi pemain membelakangi mulut gawang. Sedangkan posisi bola kita bagi berdasarkan area letak bola terhadap pemain, dimana saat pemain menerima bola pada posisi tersebut maka bola akan dieksekusi dengan cara yang berbeda. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.
Pada gambar diatas menggunakan contoh untuk posisi pemain dalam keadaan bergerak, sedangkan untuk posisi pemain dalam keadaan diam ada tambahan yaitu saat dia menerima umpan datar persis di daerah kaki, maka pemain itu akan melakukan tembakan “hidden strong shot”. Tembakan ini benar-benar sangat-sangat efektif, dalam perlombaan WE 10 kita akan sering sekali melihat pemain menggunakan tembakan ini untuk mencetak gol. Bahkan jangan heran kalau anda melihat hampir semua gol diciptakan dengan cara menembak seperti ini. Yang bahkan akan membuat lawan jadi bosan karena harus kalah dengan cara yang seperti ini. Syarat untuk tembakan ini adalah pertama umpan harus dilakukan datar, umpan harus terarah ke kaki pemain yang akan menembak, penembak harus dalam keadaan diam, penembak harus dalam posisi menghadap ke gawang, dan untuk mendapatkan tembakan keras dan terarah, penembak harus memiliki stats yang bagus untuk shot accuracy, shot technique, shot power, curve, dan special ability bintang untuk scoring. Sedangkan untuk posisi pemain membelakangi gawang, ada tambahan yaitu saat bola diumpan di posisi diatas kepala, pemain bukannya melakukan sundulan tetapi akan melakukan tendangan salto (overhead kick) sedangkan untuk posisi bola di bagian kaki, maka pemain akan melakukan backheel shot.

GERAKAN SPESIAL

Kalo tulisan sebelumnya kita ngebahas teknik mencetak gol secara spesial lewat gerakan-gerakan indah, kali ini kita bahas gerakan-gerakan istimewa lain yang mungkin jarang kita peragakan waktu perlombaan. Sebab maen WE bukan hanya berarti mencetak gol dan memenangkan pertandingan, tetapi lebih dari itu kita bisa mendapatkan kepuasan dengan mengalahkan lawan lewat cara yang “kamu banget”.
Berikut ini kita akan membahas gerakan-gerakan istimewa lain yang mungkin jarang kita peragakan waktu perlombaan, tapi kalau di pertontonkan benar-benar menunjukkan kalau kita seorang gamer WE sejati. Mengingat syarat untuk bisa melakukannya harus melewati latihan yang terus menerus sampai benar-benar menjiwai untuk mendapatkan timing yang pas.
Gerakan melompati bola
Gerakan ini bisa kita peragakan saat pemain menerima umpan terobosan jauh atau manual pass. Umumnya umpan ini di daerah sisi pertahanan kotak pinalti lawan. Saat kita mengejar umpan terobosan seperti ini, umumnya lawan akan berpikir kita akan mengejar bola dan mongontrol bola sebentar baru berbalik. Coba cara yang berbeda! Saat mengejar umpan terobosan seperti ini, begitu pemain mendekati bola segera lepas tombol panah dan langsung tekan dan tahan R1. Maka bukannya mengejar dan menghentikan, pemain akan melompati bola yang sedang berjalan untuk kemudian berbalik dan berputar.
Saat lawan mengejar dan membayangi pasti akan terkecoh dengan gerakan super cepat ini. Gerakan ini memang indah, tapi relative sulit untuk melakukannya karena timing melepas tombol panah dan menahan tombol R1 harus benar-benar tepat. Gerakan ini sepertinya mirip dengan menerima umpan tapi melewatkan, yaitu saat kita memberi umpan X dan pemain yang menerima menekan R1 sehingga bukannya mentrap dan mongontrol bola tetapi bola akan diloloskan dan langsung dikejar. Bedanya disini pemain kita bukan menerima umpan tapi mengejar umpan, sehingga saat bola sudah dekat maka pemain akan melompati bola itu. Untuk pemain pemula, memerlukan banyak latihan untuk melakukan gerakan ini, tapi kalau berhasil gerakannya benar-benar terlihat keren. Sayangnya gerakan ini kurang efektif kalau pemain bertahan lawan melakukan penempelan ketat ke pemain kita.
Gerakan mengecoh dan melewati lawan (Fake Turn)
Gerakan ini kita peragakan biasanya saat pemain depan kita berusaha melewati hadangan pemain bertahan lawan. Dengan posisi pemain berlari dari kiri ke kanan, dimana kaki dominant pemain kita adalah kaki kanan, saat pemain lawan mulai mendekati kita maka segera tekan panah arah kiri bawah kemudian dilanjutkan dengan menekan panah keatas. Gerakan yang terlihat adalah saat pemain kita berlari dari kiri ke kanan maka seperti akan menghindar dengan arah 135 derajat ke bawah, tapi sebenarnya melakukan gerakan mengecoh dan melewati lawan dengan memutar bola ke arah 90 derajat keatas. Ditambah tombol R1 dan arah berlari diakhir gerakan maka pemain akan melewati lawan dengan kecepatan luar biasa.
Meskipun kedengarannya sangat sulit, gerakan mengecoh ini sangat indah, sehingga perlu latihan ekstra untuk membiasakan urutan tombol yang perlu ditekan disertai tentu saja timing menekan tombol yang tepat. Dan lagi kita sudah harus mengetahui kaki dominant dari para pemain kita, paling tidak kita sudah hapal kaki dominant dari striker yang kita pakai karena umumnya gerakan ini dilakukan oleh pemain penyerang karena memerlukan stats yang bagus untuk dribble accuracy dan agility (ketangkasan). Dengan pengetahuan akan stats pemain dan latihan yang cukup maka kita akan benar-benar siap memperagakannya di even lomba.
Gerakan menggocek bola dan mencongkel bola (Elastico)
Di dunia nyata, kita sering melihat pemain-pemain Brazil seperti Ronaldo, Denilson, Mancini, dan Ronaldinho melakukannya. Gerakannya benar-benar indah, saat pemain menggiring bola, kaki pemain melakukan gerakan covering ke bola beberapa kali untuk membuat tipuan sebelumnya akhirnya bola disapu atau dicongkel kearah berlawanan dari gerakan pemain bertahan. Sayangnya (atau untungnya) sama seperti didunia nyata bahwa tidak semua pemain sepakbola bisa melakukan gerakan indah seperti ini. Di WE10, gerakan ini hanya bisa dilakukan pemain dengan stats technique dengan nilai “seperti dewa” alias diatas 94, contohnya ya Ronaldinho.
Saat pemain berlari dan mendribble bola dengan arah dari kiri ke kanan, dan saat pemain bertahan mencoba mendekat dan melakukan hadangan segera tekan tombol R2 sebanyak 3 kali. Maka kaki pemain akan bergerak mengkover bola beberapa kali sampai akhirnya melewati lawan dengan mencongkel bola kearah yang berlawanan dengan hadangan pemain bertahan. Uniknya, gerakan ini bisa juga kita pakai untuk melakukan umpan ke pemain lain dengan catatan jarak pemain tersebut dekat dengan pemain kita. Dan bila berhasil dilakukan akan benar-benar terlihat seperti permainan yang berkelas.
Gerakan chip trap ball
Saat pemain dalam keadaan diam menerima umpan datar, segera tekan X + kotak, persis saat bola akan disentuh pemain kita. Maka bola akan ditrap dan memantul setinggi lutut, untuk kemudian bola yang melayang bisa langsung dihajar menghujam ke gawang dengan menekan tombol kotak. Jika timing menekan tombol benar, maka akan terlihat gerakan yang indah.
Tapi jika timingnya salah maka justru pemain akan melakukan gerakan feint saja atau bahkan hanya tembakan langsung ke gawang. Timing menekan tombol benar-benar memerlukan latihan yang intensif, hanya lewat pengalaman maka gerakan ini bisa kita lakukan. Stats pemain yang dibutuhkan untuk melakukan gerakan ini adalah technique dan agility.
Bahkan, karena tingkat kesulitan yang tinggi atau karena alasan lain yaitu belum tahu cara untuk melakukannya, biasanya pada waktu perlombaan WE10 kita jarang sekali melihat gerakan seperti ini. Meskipun gerakan ini benar-benar indah.

Tendangan Jarak Jauh WE

Liga Inggris diakui sebagai salah satu liga terbaik di dunia. Salah satu aksi andalan yang sering ditemui, adalah tembakan jarak jauh yang menghasilkan gol. Pola seperti ini jarang ditemui di liga lain di Eropa. (Sinyo)
Pada WE10 pun kita bisa melakukan itu. Melihat proses terjadinya gol, benar-benar mengasikan dan memberikan sensasi yang berbeda. Lalu kapan dan bagaimana melakukan tendangan jarak jauh ke gawang?
1. Serangan Utama
Sebisa mungkin menggunakan tipe ini sebagai model serangan utama. Karena kesempatan untuk melakukan ini terbuka lebar, dibanding kesempatan melakukan serangan crossing. Walau menjadi serangan utama namun sebaiknya jangan menjadikan permainan kita monoton, so sewaktu-waktu boleh juga mengganti serangan utama ini lewat sayap.
2. Timing
Waktu yang terbaik untuk melakukan tendangan jarak jauh, adalah ketika kita mendapatkan celah untuk melakukan tembakan. Dengan kesempatan yang sangat jarang tersebut, apabila tercipta gol akan menjadi hal yang sangat istimewa.
3. Komponen
Ada beberapa komponen atau point-point yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan tembakan jarak jauh (shooting) yaitu:
a. Pilihlah pemain yang mempunyai nilai stat untuk mendukung tandangan jarak jauh. Misalnya, tenaga yang besar, akurasi tembakan, arah lengkungan dll. Pemain seperti ini biasanya kita dapati pada diri gelandang atau second striker dan beberapa striker.
b. Posisikan dengan tepat pemain yang telah dipilih, baik itu dilihat dari setting individu, setting team dan nilai stat yang bersangkutan. Hal ini agar kita tidak percuma telah menunjuknya sebagai eksekutor untuk bola-bola hidup yang potensial untuk dijadikan sebual goal dari jarak jauh.
c. Jangan khawatir untuk memilih apakah akan dilakukan dengan tendangan lambung atau mendatar. Pilihan ini akan dapat kita rasakan dan pelajari apabila kita sudah sering mencoba atau melatihnya. Hal ini akan berkaitan erat dengan keahlian kita dalam memberi tekanan pada tombol stick.
d. Arahkan tendangan terutama mendekati tiang gawang.
Berikut ini contoh-contohnya yang dapat dijadikan model untuk dicoba di rumah
a. Contoh pertama
Tendangan dimuali dari serangan tengah lapangan, karena melihat pertahanan lawan agak terbuka maka lakukan saja tendangan jarak jauh yang terukur keras agak mendatar diarahkan ke pojok tiang gawang. Hasilnya voila …;)
b. Contoh kedua
Berbeda dengan tembakan pertama maka tembakan kedua ini dilakukan agak ke sampaing, maka yang paling cocok yaitu diarahkan ke tiang gawang jauh. Karena kalau diarahkan ke tiang gawang dekat maka kemungkinan bola tertangkap akan besar. Dilakukan dengan lambung karena pemain lawan juga sebagian siap menghadang atau merebut lawan. Serangan seperti ini biasanya tidak akan terduga sebelumnya.
So mulai sekarang segera praktekkan dan tidak usah takut untuk salah, lambat lauun akan menuai hasilnya ;)

TEKNIK MENCETAK GOL SPESIAL
Winning Eleven banyak menyimpan gerakan-gerakan special yang tidak dimunculkan di training mode atau penjelasan dasar fungsi tombol yang dibagi menjadi attack, defence, dan others. WE mania sejati mempunyai tugas untuk mengeksplorasi dan menemukan gerakan-gerakan special itu dengan banyak cara, mulai belajar dari teman bertanding atau dengan melakukan eksperimen sendiri di training mode. Sebagai WE mania yang hidup, makan, tidur, dan bernafas dengan WE akan merasa ketinggalan dan malu jika teman bertanding kita memiliki gerakan rahasia dan saat kita bertanya, maka dia dengan enteng menjawab “Cari saja sendiri…” Nah… malu nggak tuh? (R9)
Berikut ini kita akan membahas gerakan-gerakan special di WE10 yang sering atau kadang muncul saat perlomban WE digelar. Gerakan berikut ada yang sifatnya sederhana dan mudah dalam menekan tombol-tombolnya.
Tetapi ada pula yang agak sulit. Terutama dalam variasi menekan tombol, dan ketepatan timing.Tentu skill untuk menekan beberapa tombol secara tepat dan benar sangat dibutuhkan. Pokoknya sudah berasa main game fighting macam Street Fighter atau Tekken. Dijamin kalau kita menguasai skill seperti ini dan kita peragakan saat lomba resmi, pasti akan mengundang decak kagum.
Teknik Mencetak Gol Dengan Tendangan Geledek
Ingat saat Chelsea menjuarai Premiership musim 2005-2006? Pola serangan dan proses terciptanya gol banyak dari terobosan pemain sayap. Pemain sayap mengumpan ke tengah dan di sana sudah ada pemain yang siap melakukan first time.
Teknik ini mungkin sekali kita temukan di pertandingan WE10. Pasalnya secara gameplay sangat memungkinkan, dan tingkat keberhasilannya relatif tinggi.
Gerakan dimulai saat winger berhasil melakukan penetrasi dari samping kotak pinalti, dan mendapatkan ruang untuk passing tanpa takut diintersep (kira-kira ada di tengah dekat kotak pinalti). Dengan posisi seperti itu, striker atau second striker sudah siap melakukan tendangan first time. Nggak perlu mengontrol lagi, karena biasanya tembakannya bisa menghujam, tanpa bisa dihalau kiper.
Yang penting kala hendak melakukan first time pemain harus dalam posisi diam, dan badannya menghadap ke arah gawang. Kalo tidak, percobaan ini nggak akan berhasil. Timing menekan tombol kotak juga sangat dibutuhkan, dan jika dilakukan dengan sempurna maka tembakan seperti ini akan benar-benar mematikan.
Stats pemain yang dibutuhkan untuk melakukan tembakan first time seperti ini adalah shot power, shot accuracy, shot technique, dan shot curve. Sedangkan pilihan pemain yang dianjurkan untuk pengumpan adalah C. Ronaldo, J.Cole, atau Hleb. Sementara penembak first timenya adalah Rooney, Scholes, Lampard, atau Henry.
Teknik Mencetak Gol Melewati Kiper
Di dunia nyata, teknik seperti ini seringkali diperagakan oleh Ronaldo di era emasnya. Di WE10 gerakan melewati kiper seperti ini didukung gameplay yang otomatis menggerakkan kiper mengejar penyerang, yang lolos dari sergapan pemain belakang.
Cara yang paling mudah dengan lari biasa tanpa menekan tombol R1. Setelah jarak kiper sudah cukup dekat, segera pencet tombol R1 dengan arah 45 derajat, maka kiper akan terlewati dengan mudah. Teknik lainnya adalah dengan melakukan gerakan feint (tipu). Dengan menekan tombol kotak + silang saat sudah berhadapan dengan kiper. Yang paling penting disini adalah timing menekan tombol harus benar-benar pas! Jangan sampai kedahuluan bola ditangkap oleh kiper. Variasi lainnya adalah kotak+kotak+silang. Stats player yang dibutuhkan adalah acceleration, technique, dan shot technique.
Teknik Mencetak Gol Dengan Chip 45 Derajat
Tendangan chip shot selalu mengundang respek dan kekaguman dari yang melihat. Di WE10, tendangan chip shot dengan posisi lurus 0 derajat kadang kurang efektif. Tetapi tendangan chip shot dengan posisi 45 derajat menghadap gawang ternyata jauh lebih efektif.
Seperti terlihat dari gambar. Posisi penyerang kita sudah berhasil melewati barisan pemain bertahan lawan, berada dalam rentang jarak 25m sampai 30m dengan posisi 45 derajat ke gawang.
Pastikan posisi kiper sudah mengejar atau berusaha menghentikan penyerang kita. Posisi ini membuat kiper berada agak jauh dengan gawang. Maka saatnyalah menekan tombol L1+kotak, dengan power bar yang cukup (sesuai feeling saja). Kalau teknik ini berhasil bola akan melayang melewati kepala kiper tanpa mampu dicegah.
Stats pemain yang dibutuhkan untuk melakukan gerakan ini adalah technique dan shot accuracy. Disamping itu timing menekan tombol harus benar-benar pas. Pemain yang direkomendasikan untuk melakukan shooting seperti ini adalah Henry dan Ronaldo.

FORMASI STRIKER TUNGGAL
Kadang kita menghadapi lawan dengan kemampuan “dewa”. Apapun yang kita lakukan dia sudah tahu. So satu-satunya jalan menghadapi lawan yang punya skill di atas kita, maka kita menggunakan formasi penyerang tunggal. (R9)
Dasar Formasi
Formasi ini dikembangkan dari formasi full defence 4-5-4-1. Pemain bertahan berada pada garis paling belakang sedekat mungkin dengan posisi kiper. Gunanya untuk mencegah 4 pemain belakang untuk ikut maju menyerang. Ujung-ujungnya akan membuka celah pertahanan.
Kita harus mengeset individual setting arah attack 4 pemain tersebut kearah belakang. Juga jangan memilih pemain belakang CB atau SB dengan stats attack yang tinggi, karena biarpun diset panah attack kebelakang, dia akan sering meninggalkan posisi untuk maju menyerang.
Pemain midfielder terdiri atas 5 orang. Terbagi atas 3 orang di posisi DMF dan 2 orang di posisi CMF/SMF. 3 orang diposisi DMF ini akan sangat berguna untuk menghentikan serangan lawan kala mengumpan dari sayap, dan mencoba menyelesaikan lewat tengah.
Seperti kita ketahui, hampir kebanyakan pola serangan di WE10 dari lawan yang bersifat dominan, akan selalu memasuki daerah pertahanan lawan lewat sayap, karena sayap relatif lebih mudah untuk dipenetrasi dibanding lewat tengah.
Tetapi pada pola serangan umumnya, akan sangat sulit bagi lawan untuk menyelesaikan secara langsung lewat sayap. Kecuali jika pola serangannya bersifat counter attack dimana saat kita menusuk dari sayap, seluruh formasi pertahanan lawan masih berusaha kembali ke posisinya masing-masing. Sehingga saat melakukan serangan balik, penyerang sayap hanya akan berhadapan dengan satu pemain saja. Atau umpan crossing sangat dimungkinkan karena 2 CB lawan belum sepenuhnya berada di tempat seharusnya sehingga akan kalah dengan striker yang bisa berlari lebih cepat.
Untuk pola menyerang umum di WE10, setelah pemain sayap masuk lewat samping, cara yang paling umum untuk menyelesaikan dengan gol adalah dengan menggiring bola ke arah tengah. Lalu berusaha menggocek lawan dan setelah sampai ke posisi yang menguntungkan baru bola di tembak ke gawang.
Cara lainnya adalah dengan memutar-mutar bola dulu sambil menunggu ada satu penyerang dalam posisi siap. Kaladidapat ruang tembak yang bagus lakukan umpan datar ke penyerang itu kemudian diselesaikan dengan tembakan keras.
Dari pola penyerangan umum diatas, maka kita patut mengingat hal berikut dalam bertahan:
1. Saat formasi bertahan kita lengkap dan bukan di serang lewat counter attack, kita harus tahu bahwa saat lawan menyerang dari sayap bola pasti akan dibawa ke tengah baik dibawa sendiri atau lewat umpan. Hal yang harus di perhatikan adalah saat kita mengejar pemain sayap lawan menggunakan SB atau DMF tugas utamanya adalah menutup ruang tembak dan mencegahnya masuk atau mengumpan ke tengah, jangan sampai terpancing bermain agresif dan berusaha keras merebut bola, karena akan lebih mudah terlewati menghadapi lawan yang jago gocek.
2. Posisi 3 DMF bertujuan utama untuk menghalau pemain sayap lawan melakukan umpan datar ke tengah, tidak perlu bermain agresif apalagi sampai menekan tombol X dan O bersamaan. Bahkan tidak perlu memakai pressing, cukup baca gerakan lawan dan cobalah mengcover kemungkinan umpan seeffisien mungkin. Konsol akan membantu bertahan dan merebut bola secara lunak tanpa terjadi pelanggaran. Bersifat agresif di dekat kotak penalty justru akan merugikan karena akan terkena resiko tendangan bebas yang bisa dimanfaatkan lawan yang jago free kick untuk mencetak gol.
3. Saat pemain bertahan tinggal SB atau CB jangan terlalu memaksakan diri untuk mengambil bola, kecuali posisi bola benar-benar memungkinkan untuk diambil. Lebih baik mundur dan memperlambat gerakan penyerang lawan, sehingga DMF akan bisa turun membantu pertahanan.
Setelah kita benar-benar bisa menguasai teknik bertahan seperti diatas, dimana CB dan DMF bisa menjalankan fungsinya dengan benar, maka lawan pasti akan kesulitan dalam melakukan penyelesaian, karena sulit menembus ke tengah.
Dan saatnya melakukan serangan balik! Pola penyerangan balik untuk formasi ini adalah menyerang lewat striker tunggal atau dengan SMF di posisi sayap. Pastikan striker tunggal yang kita pilih punya skill untuk melakukan serangan dan penyelesaian sendirian.
Tanpa stats yang bagus, akan impossible untuk menggiring, menggocek, dan mencetak gol sendirian. Berikut adalah stats yang perlu diperhatikan: Balance, Speed, Acceleration, Shot Power, Shot Accuracy, Shot Technique, Dribble Speed, Dribble Accuracy, Technique, serta Special Ability Scoring dan Outside.
Stats body balance sangat penting dalam berusaha mempertahankan bola saat menggiring. Lawan akan kesulitan merebut bola dari pemain yang memiliki body balance super. Speed, Acceleration, Technique, dan Dribble akan sangat penting saat kita menggiring bola, menggocek, dan melewati lawan.
Shot Power, Shot Accuracy, dan Shot Technique pada dasarnya akan sangat dibutuhkan saat kita berusaha menembak dan mencetak gol. Memang tidak ada striker yang memiliki semua stats diatas dengan nilai merah (>95) atau biasa kita sebut stats dewa. Tapi ini adalah panduan secara umum untuk memilih striker tunggal: Ibrahimovic (Inter), Henry (Arsenal), Saha (MU), Eto (Barca), Ronaldo (Milan), Nistelrooy (Madrid), dan Sheva (Chelsea). Untuk kemampuan dribbling dan menggocek harus terus menerus dilatih sampai benar-benar sempurna. Karena itu adalah syarat utama untuk memakai formasi penyerang tunggal. Dan karena formasinya terlihat jelas sebagai formasi bertahan, untuk aplikasinya bisa kita masukkan dalam formasi bayangan. Sehingga lawan tidak waspada dengan gaya bermain seperti ini.

1  2
3
Formasi Counter Attack
Bosan dengan formasi full attack dan ball possession? Bagaimana kalau mencoba sesuatu yang lain dari biasanya? Pada kesempatan ini kita akan membahas formasi counter attack alias formasi serangan balik. Sesuai namanya counter attack, maka disini formasi dibuat sesimple mungkin sehingga baik metode bertahan dan metode menyerang bersifat cepat dan sporadic. (R9)
Tujuan utama dari dibuatnya formasi Counter Attack juga merupakan jawaban dari formasi ball possession yang banyak mengandalkan penguasaan bola, mengurung lawan di daerah pertahanan, memanfaatkan lebar lapangan, memancing lawan untuk melakukan kesalahan membuka celah pertahanan. Formasi counter attack ini benar-benar bersifat gerendel “cattenacio” yang justru akan membuat lawan yang hobi full attack jadi frustasi.

Formasi counter attack menggunakan 3 prinsip utama:
1. Pertahanan belakang dibuat rapat menggunakan 4 pemain bertahan sehingga fungsi utamanya jelas “hanya untuk bertahan” bukan untuk maju meninggalkan pos belakang untuk ikut menyerang. Pemain belakang disini benar-benar harus disiplin. Jangan memilih pemain belakang dengan statistic nilai attack (menyerang) yang tinggi sehingga strategi counter attack tidak jalan dan meninggalkan lubang di bagian pertahanan. Pemain belakang memang sebagai tahap pertama membangun serangan tapi hanya sebatas mengumpan ke pemain tengah atau pemain depan. Pertahanan belakang ini selain sebagai penghenti serangan secara langsung juga berfungsi sebagai perisai (covering) saat lawan mencoba finishing memakai tembakan langsung dari second striker.
2. Pemain tengah bersifat sebagai jangkar dan bukan sebagai target pencetak gol. Pemain tengah akan berusaha secepat mungkin mengalirkan bola ke pemain depan. Pemain tengah mempunyai tugas utama untuk “bertarung” dibagian tengah lapangan dan banyak dimanfaatkan untuk turun membantu pertahanan saat lawan menyerang secara “perlahan” dengan teknik ball possession.
3. Pemain depan dituntut untuk memiliki skill “tingkat tinggi” yang mampu melakukan dribbling dan gocekan yang sempurna sehingga bisa melewati lawan dan mencetak gol sendiri tanpa bantuan pemain tengah.

Formasi counter attack diatas menggunakan basis formasi 4-3-3. Yang paling menarik disini adalah penggunaan 4 pemain dibelakang dan ditata dalam formasi rapat!
Disini 2 SB sebenarnya tidak benar-benar bersifat sideback yang turut maju membantu seranngan, tetapi benar-benar didekasikan sebagai centerback penghenti serangan dari sayap. Hal ini terlihat jelas dengan pemilihan SB dengan stat menyerang (attack) rendah dan stat bertahan (defence) tinggi. Sehingga tidak perlu kawatir posisi 2 SB tersebut akan lowong. Ditambah lagi di setting “individual” panah dari 2 SB tersebut diset ke belakang semua dan set rolenya sebagai CB. Yang paling menarik disini adalah 4 CB ini akan benar-benar disiplin dalam posisinya sehingga bisa menahan gempuran model formasi ball possession full attack. Posisi CB ini digeser agak kebelakang di kotak penalty dan dirapatkan!
Dalam praktek bertahan pun, 2CB utama tidak benar-benar dipakai menjadi pilihan utama untuk menghentikan laju serangan musuh, tapi pilihan utama untuk menghentikan serangan striker lawan justru memakai DMF dan CMF! Disinilah seni dari bermain strategi counter attack, kita dituntut untuk berani membiarkan pertahanan kita dikepung oleh musuh. Sehingga lawan akan secara sengaja atau tidak sengaja membawa banyak pemain ke daerah pertahanan kita mulai dari pemain depan, pemain tengah, bahkan sampai pemain belakang! Dan disinilah kekuatan utamanya! Saat lawan terbuai dengan serangan terus-menerus dan bertubi-tubi ke daerah pertahanan kita maka mereka akan terlena, sampai akhirnya kita bisa mematahkan passing atau tembakan mereka dan mengirim umpan ke depan untuk melakukan serangan balik yang cepat!

Dalam bertahan menggunakan CB untuk menghentikan striker lawan, jangan menggunakan tombol “X” + “R1” secara bersamaan untuk merebut secara frontal bola yang dikuasai oleh striker lawan. Hal seperti ini akan mudah sekali dibaca dan dimanfaatkan pemain yang jago untuk melewati CB. Gunakan cara pertahanan yang conservative, mundurkan CB secara perlahan mengikuti gerakan dari striker lawan. Jika lawan bergerak cepat dengan berlari maka CB akan memiliki kesempatan untuk melakukan clean tackle dengan tombol “O”. Syaratnya CB harus jeli membaca pergerakan bola dari striker yang berlari. Sehingga bola akan ada jarak dan memungkinkan ditackle untuk merebut bola secara bersih. Tetapi jika striker menyerang secara lambat (tidak berlari) maka akan lebih sulit. Striker ini akan “membaca” gerakan CB sampai CB kita membuat pergerakan yang salah sehingga striker lawan akan mudah melewati CB dan berlari meninggalkannya. Untuk lawan human yang jago maka kita juga harus jeli membaca pergerakannya, dalam teknik penghadangan akan lebih baik menggunakan “X” dan “R2”. Pilihlah CB dengan stats balance yang bagus, sehingga saat “bertabrakan” dengan striker lawan, CB kita bisa menggoyahkan striker lawan serta merebut bola dengan mudah, dan bukan sebaliknya! Atau jika stats CB dan kemampuan membaca lawan kurang bagus, cara lainnya adalah dengan memundurkan CB sambil menekan tombol bantuan “kotak” sehingga DMF akan segera berlari mundur membantu menghentikan striker lawan. Cara ini lebih safe untuk menghentikan striker lawan.
Bagaimana dengan 3 striker di depan? 3 striker ini harus bisa melakukan penyelesaian sendiri! Jangan berpikir untuk mendapatkan bantuan dari CMF dan DMF untuk melakukan penyelesaian. Disinilah saat kita memutuskan memakai formasi ini kita dituntut untuk memiliki skill tinggi dalam dribble dan mampu melewati pemain belakang lawan serta memiliki pemain depan dengan stats finishing yang luar biasa (shot power, shot accuracy, shot technique, acceleration, top speed, dan dribble speed) ditambah special ability seperti scoring, 1-1 scoring, dribble keeping, dan outside (menendang memakai punggung kaki dengan akurasi). Formasi counter attack bisa disebut efektif, jika saat menyerang balik posisi pemain depan hanya tinggal mengalahkan dan melewati barisan pemain belakang.
FORMASI BALANCE UNTUK BALL POSSESION
Oleh: R9
Kalau kita perhatikan di setiap lomba WE10, banyak hal yang bisa kita pelajari di sana, salah satunya adalah gaya main. Setiap peserta memiliki ciri khas bermain yang unik dan sangat berbeda satu sama lainnya. Di lomba WE inilah kita ditantang untuk “beradaptasi” dan mencari celah dari gaya main lawan kita.
Pada kesempatan ini kita akan membahas gaya main yang sifatnya ball possession, pemain WE dengan tipikal ini banyak sekali bermain berputar-putar baik secara individu atau mengalirkan bola secara team. Ciri khas dari pemain ini adalah dia tidak tergesa-gesa dalam menyerang atau saat menyelesaikan peluang. Pemain ini sangat sabar dan jika situasinya benar-benar hampir 90% gol maka peluang mencetak gol tersebut diambil. Selebihnya, dia akan berusaha membuat lawan frustasi dengan memutar-mutar bola di daerah pertahanan musuh sampai lawannya jadi tidak sabar, terpancing untuk bermain agresif, dan akhirnya membuka celah pertahanan. Formasi yang dipakai para penggila ball possession umumnya formasi balance, sehingga memungkinkan aliran bola bisa merata disemua lini, dan bola bisa diputar-putar ke belakang, ke arah sisi lapangan lain, dan kemana-mana. Tujuan utamanya sangat jelas: membuka celah pertahanan lawan!

Kalau formasi balance pada umumnya mengadopsi dari formasi 4-4-2, formasi ini agak diberi sentuhan yaitu pemain OMF di sebelah kanan digeser agak maju ke depan menjadi RWF! Jadi kelebihan formasi balance ini adalah FORMASI BALANCE YANG AGAK TIMPANG KE KANAN!
Penggemar WE pasti paham sekali kelebihan formasi timpang dimana dengan adanya tambahan pemain di sisi sayap terluar, akan sangat menguntungkan sebagai target untuk memasuki daerah pertahanan lawan, pemain di sisi sayap timpang akan mudah sekali menembus 1/3 terakhir daerah pertahanan lawan baik dari umpan langsung, umpan terobosan, umpan lambung dari CMF, atau dengan operan one-two antara RWF dan CMF.
Posisi 2 pemain CB digeser agak ke belakang, dan patut diingat bahwa 2 CB adalah pemain bertahan yang dipakai “hanya” kalau benar-benar terdesak. Usahakan selalu memakai 2 DMF yang ada di tengah untuk “bertarung” merebut bola dan bertahan. Jangan sembarangan memakai CB untuk menghentikan bola yang sudah sampai di striker, apalagi kalau kita tahu lawan yang dihadapi adalah jago gocek yang bisa “menembus” pemain lawan. Kalau kita sudah tahu lawan yang kita hadapi jago gocek maka tipsnya adalah CB hanya bertugas memperlambat gerakan striker lawan dan pada saat yang bersamaan DMF dipaksa untuk segera lari kebelakang membantu pertahanan. Arah panah attack CB dibuat ke belakang supaya tidak terlalu agresif untuk maju ke depan.

2 SB memakai arah attack ke depan dan ke belakang, karena saat kita mau menembus pertahanan lewat sayap, kita perlu memakai 2 pemain ini untuk maju ke depan saat melakukan late one-two. Pilihlah SB dengan stats attack dan speed lumayan sehingga bagus untuk mengejar umpan terobosan dari DMF dan ikut maju melakukan serangan.
Tugas utama dari 2 DMF adalah sebagai sentral pertahanan dan pusat dimulainya serangan. Dua DMF akan bertarung saat lawan membangun serangan dari tengah, dan juga berguna untuk menentukan aliran serangan lewat sayap kiri, sayap kanan, atau lewat tengah. Saat bola sudah dikuasai DMF maka kita harus punya “visi” kemana celah pertahanan musuh yang paling terbuka, maka kesanalah bola akan mengalir. Jangan sampai terjebak dengan pola serangan monoton yang mudah dibaca dan membuat lawan menjadi hapal sehingga kemungkinan serangan terpotong akan sangat besar. DMF harus ikut maju ke daerah pertahanan lawan saat bola sudah dikuasai oleh OMF, RWF, atau CF.

OMF dan RWF adalah targetman pembuka “kunci” pertahanan. OMF diharapkan membongkar pertahanan dari kiri atau bisa juga lewat tengah. Selalu pilih OMF dan RWF yang bagus dalam stat: passing, speed, dan akselerasi. Stat Passing akan sangat menentukan jika kita ingin melakukan “penyelesaian” dengan cara mengumpan datar dari sayap ke CF dan CF yang mempunyai ruang tembak bagus dapat meneruskan umpan dengan tembakan deras ke gawang. Sedangkan speed dan akselerasi akan diperlukan jika kita ingin memakai OMF dan RWF menembus daerah pertahanan dengan cara “melewati” pemain belakang lawan. Tetapi jika statsnya dirasa kurang dan lawan yang kita hadapi jago sekali dalam menahan gocekan, maka tugas utama dari OMF dan RWF adalah memberikan ke CF untuk melakukan “penyelesaian” sendiri atau membantu CF melakukan serangan one-two.
OMF dan RWF juga diharapkan untuk “sabar”, jika memang dari satu sisi serangan yang mau ditembus lawan mengerahkan banyak pemain di daerah tersebut untuk melakukan pertahanan berlapis, maka cari jalan lain! Putar bola lewat belakang ke CB, kemudian diteruskan ke sayap yang berlawanan. Bisa juga bola dikembalikan lewat tengah melalui DMF sehingga memungkinkan untuk melakukan penetrasi dari tengah. Atau memakai umpan lambung jauh ke sisi sayap lainnya! Umpan lambung jauh ke SB atau OMF/RWF seperti ini malahan jarang sekali terpotong! Dan kita sering surprise betapa disisi lain tersebut celah pertahanan lawan akan terbuka lebar!
Saat bola di DMF atau OMF maka akan kelihatan sekali teknik bermain ball possession yang “membuat lawan kesal” dimana bola akan banyak dimainkan disini dan diputar-putar baik ke sisi lain atau ke belakang. Sehingga saat lawan terpancing emosinya maka dia akan “menekan 2 tombol” yaitu X dan kotak secara bersamaan sehingga celah pertahanan akan terbuka, dan disinilah kesabaran akan terbayar! Kita bisa memanfaatkan kelengahan lawan dan bola diarahkan ke daerah yang lowong sampai ke CF.
CF diharapkan bisa melakukan teknik “pemancingan” untuk membuka celah CB atau SB. Baik dengan cara umpan balik ke belakang atau kalau perlu berlari balik kebelakang! Dengan syarat stats speed, akselerasi, dan skill kita ok sehingga tidak sampai kehilangan bola. Tetapi jika lawan tidak mudah terpancing maka CF harus melakukan tugas “menembus” CB dan mengambil peluang terakhir. Bila perlu jika stats shot power dan shot accuracy bagus langsung saja tembak dari jarak jauh saat terdapat celah menembak!
Intinya untuk bermain ball possession biasakan untuk bermain perlahan dan memutar-mutar bola (tentu juga harus mempunyai skill penguasaan bola yang bagus). Sehingga hasil akhir yang dicapai mencapai possession 60% – 70%. Bermain dengan gaya seperti ini juga sekaligus melatih kesabaran. Dan saat kemampuanmu “biasa-biasa saja” bermain dengan lawan yang “bener-bener jago”, kamu selalu punya harapan dan kesempatan untuk memenangkan pertandingan!
RAngkuman beberapa tips dan trik yang mungkin kamu harus tahu

giringan yahud pada winning eleven

1. upperbody feint (gerak tipu bagian badan atas)=goyangan badan kekiri dan kanan searah dengan bola tekan ”+” 2x.
Contoh : bila sedang membawa bola ke kanan lurus, tekan ”tombol arah (kanan dan bawah sekaligus=tenggara)”.
2. gerak tipu kaki = arahkan ”R3” ke depan 2x (searah pemain)
3. gerak tipu kaki 2 = L1 2x.
4. gerak tipu kaki 3=saat bola / [emain berhenti tekan R2 2x.
5. gerak tipu tembakan (shot)=saat bola atau pemain berhenti, tekan R3 2x searah badan.
6. gerak tipu tembakan (shot) 2= ”D” atau kotak kemudian secepatnya tekan ”+” dan ”X” arah kelanjutan gerak tipu tergantung dari tombol arah. Kalau kamu tidak menekan ”+”, pemain secara otomatis akan bergerak ke kiri.
7. gerak tipu tembakan 3 (crossing sebelum memasuki atau sejajar kotak penalti) = lakukan crossing seperti biasa (tekan ”O”) tapi secepatnya kamu tekan ”+” dan ”X” bebarengan dengan munculnya gauge (kekuatan tembakan).
8. gerak tipu tembakan 4 (crossing sejajar kotak penalti) = lakukan crossing seperti biasa (tekan ”O”), dan sebelum kaki menyentuh bola, secepatnya tekan ”+” dan ”X”.
Use dribbling to evade opponent, yaitu berlatih mendribel dalam menghindari musuh, teknik ini di antaranya :
1. Dribble your way throuh without changing direction, yaitu mendribel bola tanpa merubah arah.
2. Off speed dribble, yaitu memvariasikan dribel anda antara cepat dan lambat.
3. Evade goal keeper in one-on-one, yaitu menghindari penjaga gawang lawan saat posisi satu lawan satu.
4. Use Marseille roulette, yaitu menggunakan gerakan berputar 360 derajat.
5. Kick for and start a dash dribble, yaitu memajukan bola ke depan beberapa langkah, kemudian lakukan dribel sambil berlari.
Penjelasan :
1. Saat lawan mulai mendekat, tekan arah atas (^) dan R2 sekaligus untuk menggeser bola ke kiri kita, kemudian secepatnya tekan dan untuk menggiring bola kembali ke depan melewati pemain lawan.
2. Saat melakukan dribel cepat (+ dan R2 atau dribel sambil berlari + dan R1), ketika lwan mendekat, lakukan dribel lambat (melepaskan tombol + dan R1 atau R2). Kemudian sesaat setelah lawan mendekat, lakukan dribel biasa (tekan tombol +) atau dribel cepat (tombol + dan R2) ataupun dribel sambil berlari (tombol + dan R1).
3. Saat berhadapan dengan penjaga gawang lawan, sesaat setelah penjaga gawang lawan mendekat, belokan bola ke arah kiri kita. Bisa dilakukan dengan dribel biasa (tombol + saja) ataupun dengan dribel cepat (tombol + dan R2). Tombol arah di sesuaikan dengan kondisi.
4. Sesaat sebelum lawan mendekat, putarkan R3 360 derajat searah jarum jam. Bisa memutar kebalikan arah jarum jam.
5. Saat melakukan dribel cepat atau dribel sambil berlari, sesaat ketika lawan mendekat, tekan arah sudut kanan atas (^ dan >) dan R1 – R2. bola akan belok 45 derajat dan berada beberapa langkah di depan kita. Tombol arah disesuaikan kondisi.

Formasi Dahsyat Winning Eleven 2011

Formasi Dahsyat Winning Eleven 2011. Ini formasi saya share karena emang dari trick gue boleh di share. saya pikir semakin di share seluruh trik winning semakin mudah bagi yang mencari trik cheat ataupun tip bermain winning eleven 2011.
silahkan di nimati formasinya
Sebenernya dah lama ane pengin share tentang tips n triks wat main PS, terutama Winning Eleven tapi yah baru kesampaian sekarang.
Ok, yang pertama ane share “Cara Membuat Formasi 6CF Winning Eleven
Jangan salah loh, diem- diem ane juga jago main Winning Eleve, (www.sombong.com) wkwkwk,
Ok, langsung aja yang pengin bikin formasi unik kaya 6CB, 6CF, 8CF, 8CB, 9CF, 9CB, 10CF, 10CB, tapi kita mulai dulu dari 6CF, (Bagi yang gak percaya silahkan aja, tapi ane udah praktekin formasi ini dari 1th yg lalu)
Langsung aja langkah- langkahnya :
1. Kamu bikin dulu formasi 2CB-3DMF-5CF
2. Jika udah, masuk ke MENU PERTANDINGAN, Quick Setting, SPY INCREASE PLAYER ATTACK sama DEFEND
3. Setelah itu, kamu keluar formasi(mulai pertandingan kick off)
4. masuk ke FORMASI lagi.
3. Pilih QUICK SETTING, centang ATTACK ma INCREASE PLAYER ATTACK,
4. Confirm 4X.
Jadi deh tu foRmasi 6CF,
Gampang kan,
INGAT
Kalo menurut aq kamu bikin 3 formasi sekaligus (bertahan, tengah, nyerang)
Kalo 3 formasi tsb, saya sering make (8-2-0, 4-3-3, 0-2-8) itu lebih manjur,
Tapi kalo belum terbiasa, saya sarankan berlatih dulu, karna nanti bisa permainan kamu ancur,
formasi 8 cb
Untuk membuat formasi ini terbilang cukup rumin n kamu juga harus jeli.
Ok, yang perlu kamu perhatikan :
1. Terkadang formasi ini hanya bisa dibuat ketika pertama kali PS dihidupkan (pertandingan pertama)
2. Tidak semua tim bisa dibuat formasi ini dari awal (kadang q make barca / inter / westham)
Jadi saran saya jika kamu udah buat formasi ini simpan pada memory.
Untuk membuat formasi 8CB(8-2-0) ini, kamu harus terlebih dahulu bisa membuat formasi 6CF(udah saya posting sebelumnya)
Ok, saya anggap anda udah mudeng membuat formasi 6cf, lanjut membuat 8cb :
FORMASI CB 8 Winning Eleven 2011
1. BIKIN DULU FORMASI 2CB-3DMF-5CF
2. KEMUDIAN MASUK KE MENU PERTANDINGAN, SPY INCREASE
PLAYER ATTACK ma DEFEND, SETELAH ITU MASUK KE MENU FORMASI LAGI.
3. MASUK KE QUICK SETTING
PILIH ATTACK MA INCREASE PLAYER ATTACK, CONFIRM 4X.
NANTI JD FORMASI 2CB-2OMF-1ST-5CF.
4. SETTING 2OMF MENJADI 2WING BACK MASUK KE OUICK SETTING LAGI PILIH ATTACK MA INCREASE PLAYER ATTACK DITAMBAH POSE PSITION MA PLACE SWEPER CONFIRM 4X
NANTI MENJADI
1SWP-1CB-2WINGBACK-6CF.
5. SETTING LAGI 1SWP JD CB, 2 WINGBACK JD DMF MASUK QUICK SETTING PILIH ATACK AJA CONFIRM 2X ……
Jadi Deh formasi total bertahan yang kamu arepin
Cara Membuat Formasi 7DMF Winning Eleven 2011
Saya Jelaskan secara singkat manfaat dari formasi ini, kalo kamu udah bisa bikin formasi ini n bisa nerapinya dalam gaya permainan kamu, maka saya yakain kontrol bola kebanyakan berpihak ke kamu, dengan adanya 7 orang di sektor tengah yang cenderung ke depan dan belakang (bisa membantu serangan ataupun defend)
Ok, langkah pembuatan formasi ini :
FORMASI 7DMF =
1. SETTING FORMASI 3-6-1
(CB, TENGAH, CF)
2. KEMUDIAN TARIK 1CB JD CF sehingga formasi akan menjadi (2CB, 6TENGAH, 2CF)
3. KEMUDIAN MASUK KE QUICK SETTING, PILIH DEFEND
4. CONFIRM 2X
5. SELESAI
Ok, untuk formasi lainya akan segera saya posting.
Formasi Dahsyat Winning Eleven 2011

tips trik winning eleven playstation 2 Lengkap dengan Rahasianya

tips trik winning eleven playstation 2 Hanya Beberapa tip dan trik dasar saja, kok.
Tapi kalau di praktekin nih tip dan trik winning eleven bisa buat kamu jago main.
dan sulit di kalahkan ketika main we terutama di ps2.
beberapa tip dan triknya yaitu feint atau tipuan “gerak tipu”. Yu.. marii….
keterangan :
”+” adalah tombol arah kanan kiri atas dan bawah pada ”stik”.
”^” adalah tombol segitiga pada ”stik”
”X” adalah tombol X pada ”stik”
”R1” adalah tombol R1 pada ”stik”
”R2” adalah tombol R2 pada “stik”
”R3” adalah tombol R3 pada “stik”
“O” adalah tombol O pada ”stik”
”D” adalah tombol kotak pada ”stik”
Feint : gerak tipu
1. upperbody feint (gerak tipu bagian badan atas)=goyangan badan kekiri dan kanan searah dengan bola tekan ”+” 2x.
Contoh : bila sedang membawa bola ke kanan lurus, tekan ”tombol arah (kanan dan bawah sekaligus=tenggara)”.
2. gerak tipu kaki = arahkan ”R3” ke depan 2x (searah pemain)
3. gerak tipu kaki 2 = L1 2x.
4. gerak tipu kaki 3=saat bola / [emain berhenti tekan R2 2x.
5. gerak tipu tembakan (shot)=saat bola atau pemain berhenti, tekan R3 2x searah badan.
6. gerak tipu tembakan (shot) 2= ”D” atau kotak kemudian secepatnya tekan ”+” dan ”X” arah kelanjutan gerak tipu tergantung dari tombol arah. Kalau kamu tidak menekan ”+”, pemain secara otomatis akan bergerak ke kiri.
7. gerak tipu tembakan 3 (crossing sebelum memasuki atau sejajar kotak penalti) = lakukan crossing seperti biasa (tekan ”O”) tapi secepatnya kamu tekan ”+” dan ”X” bebarengan dengan munculnya gauge (kekuatan tembakan).
8. gerak tipu tembakan 4 (crossing sejajar kotak penalti) = lakukan crossing seperti biasa (tekan ”O”), dan sebelum kaki menyentuh bola, secepatnya tekan ”+” dan ”X”.
Itu adalah tips dan trik feint ”gerak tipu” pada Winning eleven play station 2. untuk tips dan trik selanjutnya akan membahas tentang formasi-formasi terbaik. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin menambahkan silahkan.
1. Tendangan Bebas Alternatif Pertama
Untuk alternatif pertama dilakukan dengan cara mengumpan ke rekan satu tim yang agak bebas, kemudian dilanjutkan dengan tembakan langsung ke gawang. Hal mendasar yang perlu diperhatikan adalah arah gerakan menembak. Perhatikan baik-baik pemain yang berdiri agak bebas (biasanya agak di depan) kemudian perhatikan pula posisi pemain lawan dan kiper. Setelah siap, umpan saja dengan X ke arah rekan kita yang berdiri agak bebas, nah di saat menerima bola, segera saja ubah arah pemain diikuti dengan menekan tombol [] (bar dapat mengikuti situasi) ke arah pojok gawang. Biasanya gol yang terjadi pelan namun menipu lawan (atau tepatnya kiper).
Inti: umpan dengan X dan tendang langsung ke gawang.
2. Tendangan Bebas Alternatif Kedua
Alternatif kedua agak berbeda dengan tendangan bebas pertama. Pada prinsipnya tetap sama, yaitu diumpan ke teman yang berdiri bebas. Akan tetapi setelah diumpan biarkan bola bergulir sebentar (atau dribble sebentar) sambil diikuti oleh pemain yang mendapatan umpan, kemudian baru ditendang ke arah gawang. Hasil yang didapat tendangan keras maut ke arah gawang. Biasanya kiper sudah siap dengan tendangan ini akan tetapi karena keras dan mantap, akan kesulitan menghadang atau mengakibatkan bola muntah yang tetap saja berbahaya untuk membuahkan gol.
Inti: umpan dengan X , dribble sebentar dan tending dengan keras.
Tambahan:
Jika kita melawan konsol, hampir tidak ada masalah, akan tetapi ketika menghadapi sesama teman (manusia), maka perlu trik tambahan. Saat pemain siap mengumpan maka otomatis lawan jelas tahu ke arah mana kita akan mengumpan, untuk itu gerakkan saja ke kanan atau ke kiri seakan kita akan menembak langsung atau mengumpan lambung. Dengan begitu lawan tidak dapat menebak langkah kita.
Keuntungan
a. Menipu lawan, karena biasanya lawan mengira kita melakukan tendangan bebas.
b. Dapat dilakukan dengan jarak yang bervariasi dan posisi yang luas.
Karena merupakan tendangan bebas alternatif maka disarankan gunakan sebagai salah satu variasi. Kita tetap harus belajar tendangan bebas dengan menembak langsung ke arah gawang. Sehingga permainan kita tidak akan mudah ditebak oleh lawan.
Cari Kesempatan ( Peluang mendapatkan freekick )
Sebelum masuk ke latihan kita perlu membahas bagaimana sebaiknya berusaha mendapatkan hadiah tendangan bebas dari wasit. Semakin banyak hadiah tendangan bebas tentu saja peluang kita berlatih akan semakin besar. Bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan hadiah Free kick dari pengadil lapangan tersebut, berikut tips-nya:
1. Pemain lemah
Carilah pemain kita yang sedikit lemah, maksudnya mempunyai nilai stat body balance yang kecil, gampang cidera dll. Intinya pemain yang mendapat beberapa sentuhan sedikit saja sudah jatuh. Kalau para gamer suka dengan klub-klub yang besar dan kuat akan cukup sulit mendapatkan pemain yang seperti ini. Kebanyakan akan kita dapatkan dalam klub-klub menengah ke bawah. Namun jangan khawatir karena pada setiap klub selalu ada pemain yang mempunyai pertahanan badan kurang bagus. Kita ambil contoh misalkan Peter Crouch, selain tinggi semampai juga agak kurus sehingga kadang jika beradu badan akan kalah atau ketika lawan membuat pelanggaran, wasit akan cenderung memberi hadiah tendangan bebas.
Usahakan untuk mencari pemain yang siap ditempatkan sebagai striker, second top (second striker) atau gelandang menyerang. Hal ini agar memudahkan pemain mendapatkan hadiah free kick di seputar kotak pinalti.
2. Gerakan mendadak
Jika terpaksa dalam klub yang kita mainkan tidak terdapat pemain seperti yang diharapkan agar mudah jatuh, maka jangan khawatir, karena dengan menggerakkan pemain kita untuk melakukan gerakan tubuh yang mendadak akan memaksa pemain lawan melakukan kesalahan.
Hal ini cukup sering ditemui terutama apabila lawan kita menekan tombol kotak guna mendatangkan pemain bantuan kedua. Sebelum cursor pindah secara otomatis atau manual, maka kendali masih ada dalam console sehingga ketika pemain lawan mengejar bola yang kita bawa, dan tiba-tiba kita membuat gerakan mendadak console akan cenderung melakukan serangan bawah yang tidak lawan inginkan. Bukankah kadang kita jengkel juga melihat pemain melakukan gerakan tackling tidak seperti yang kita inginkan.
3. Penguasaan bola
Point nomor dua tidak akan berlaku apabila lawan kita ternyata ahli melakukan pertahanan dengan orang pertama, tidak membutuhkan bantuan orang kedua. Maka terpaksa kita mengambil cara lain jika ingin mendapatkan hadiah free kick, yaitu dengan menahan bola selama mungkin, entah itu lewat umpan-umpan pendek atau secara individu.
Biasanya dengan cara ini lawan akan menjadi tidak sabar dan gemas sehingga terpaksa melakukan tackling. Apabila ternyata lawan jago tackling maka semakin susah harapan untuk mendapatkan tendangan bebas, namun jika ternyata dia hanya mempunyai kemampuan yang biasa saja maka akan melakukan kecerobohan dengan berbuat agak kasar terhadap pemain kita.
Keuntungan lain dari penguasaan bola yang lama, selain berusaha mendapatkan hadiah tendangan bebas, kita juga dapat mencari banyak peluang untuk mencetak goal serta mempersempit peluang lawan.
Perlu diingat bahwa mencari kesempatan untuk mendapatkan free kick bukan menjadi tujuan utama kita bermain sepak bola, kalau dilihat dari sub topik saja sudah jelas yaitu “mencari kesempatan”, so memang dilakukan di
sela-sela kita melakukan serangan utama sambil mencari kesempatan tersebut.
Untuk melatihnya kita harus praktek langsung dengan lawan, jangan melakukan dengan console karena akan sangat jauh berbeda. Hitung dalam setiap permainan yang dilakukan berapakah kita mendapatkan hadiah Free kick, jika minimal mendapatkan tiga kali kesempatan maka sudah dapat dikatakan berhasil. Kalau lebih maka bagus sekali. Ingat bahwa yang kita peroleh adalah kesempatan murni yang kita buat (terskenario sesuai uraian di atas), bukan karena kebetulan semata.
Jika para gamer sudah mahir memanfaatkan kesempatan ini, maka kita bahas selanjutnya untuk pemilihan pemain yang kita harus melakukan free kick tersebut.
Memilih Pemain
Kebanyakan klub secara default sudah ditentukan siapa saja eksekutor untuk bola-bola mati terutama free kick, biasanya sesuai dengan kenyataan dalam dunia sepakbola real. Misalkan klub Liverpool eksekutor yang dipilih Konami untuk free kick jarak jauh adalah Gerrad.
Nah tidak semua harus sama dengan pilihan Konami, kita juga bisa menentukan sendiri pemain yang menjadi eksekutor. Hanya saja kita tetap perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk diperhatikan agar tujuan utama untuk membikin goal lewat free kick tidak sia-sia.
ORMASI 7DMF =
1. SETTING FORMASI 3-6-1
2. TARIK 1CB JD CF (2CB, 6TENGAH, 2CF)
3. MASUK KE QUICK SETTING PILIH DEFEND CONFIRM 2X
FORMASI 6CF =
1. BKN FORMASI 2CB-3DMF-5CF
2. MASUK KE MENU PERTANDINGAN SPY INCREASE PLAYER ATTACK MA DEFEND BS DIPILIH. SETELAH ITU MASUK KEMENU FORMASI LAGI.
3. MASUK KE QUICK SETTING PILIH ATTACK MA INCREASE PLAYER ATTACK, CONFIRM 4X.
FORMASI 6CB =
1. BKN FORMASI 4CB-3DMF-2SAYAP-1CF
2. MASUK QUICK SETTING PILIH DEFEND MA INCREASE PLAYER DEFEND, CONFIRM 2X.
TRIK2 WINNING ELEVEN :
1. ANTI RAPID = SGTG+R1+R2 (SEBELUM MUSUH MENGELUARKAN RAPID)
2. ANTI CORNER = TAHAN R1 STLH BOLA DIANGKAT TEKEN SGTG 1X NANTI 1 PEMAIN DEFEND KITA ADA YG LARI MENYONGSONG BOLA, SETELAH ITU TNGGL TEKAN KOTAK BERULANG KALI…
3. UNTUK NGEBODY LWN TAHAN R2 SMBL ARAHIN DPAD KE ARAH LWN YG MAU DIBODY…
4. TRIK CORNER = THN ATAS+L1, TEKEN BULAT POWERNYA STNGH BAR AJA. STLH BOLA MELAMBUNG TEKAN R2 1X ABIS ITU TAHAN SGTG, SEKIRANYA UDAH ADA PEMAIN KITA ADA YG LARI MENYONGSONG BOLA TEKAN KOTAK BERKALI KALI (HARUS JELI).
5. SELAMAT MENCOBA…TRIK INI SANGAT BER MANFAAT BG PARA GAMERS. SETELAH TAU TRIK INI TIDAK SERTA MERTA LANGSUNG JADI GAMER PAPAN ATAS..TERUSLAH BERLATIH DAN DAPATKAN FEELING YANG BAGUS
FORMASI 7DMF =
1. SETTING FORMASI 3-6-1
2. TARIK 1CB JD CF (2CB, 6TENGAH, 2CF)
3. MASUK KE QUICK SETTING PILIH DEFEND CONFIRM 2X
FORMASI 6CF =
1. BKN FORMASI 2CB-3DMF-5CF
2. MASUK KE MENU PERTANDINGAN SPY INCREASE PLAYER ATTACK MA DEFEND BS DIPILIH. SETELAH ITU MASUK KEMENU FORMASI LAGI.
3. MASUK KE QUICK SETTING PILIH ATTACK MA INCREASE PLAYER ATTACK, CONFIRM 4X.
FORMASI 6CB =
1. BKN FORMASI 4CB-3DMF-2SAYAP-1CF
2. MASUK QUICK SETTING PILIH DEFEND MA INCREASE PLAYER DEFEND, DI TAMBAH PLACE SWEPER LANGSUNG CONFIRM 2X.
TRIK2 WINNING ELEVEN :
1. ANTI RAPID = SGTG+R1+R2 (SEBELUM MUSUH MENGELUARKAN RAPID)
2. ANTI CORNER = TAHAN R1 STLH BOLA DIANGKAT TEKEN SGTG 1X NANTI 1 PEMAIN DEFEND KITA ADA YG LARI MENYONGSONG BOLA, SETELAH ITU TNGGL TEKAN KOTAK BERULANG KALI…
3. UNTUK NGEBODY LWN TAHAN R2 SMBL ARAHIN DPAD KE ARAH LWN YG MAU DIBODY…
4. TRIK CORNER = THN ATAS+L1, TEKEN BULAT POWERNYA STNGH BAR AJA. STLH BOLA MELAMBUNG TEKAN R2 1X ABIS ITU TAHAN SGTG, SEKIRANYA UDAH ADA PEMAIN KITA ADA YG LARI MENYONGSONG BOLA TEKAN KOTAK BERKALI KALI (HARUS JELI).
5. SELAMAT MENCOBA…TRIK INI SANGAT BER MANFAAT BG PARA GAMERS. SETELAH TAU TRIK INI TIDAK SERTA MERTA LANGSUNG JADI GAMER PAPAN ATAS..TERUSLAH BERLATIH DAN DAPATKAN FEELING YANG BAGUS…
FORMASI CB 8
1. BKN FORMASI 2CB-3DMF-5CF
2. MASUK KE MENU PERTANDINGAN SPY INCREASE PLAYER ATTACK MA DEFEND BS DIPILIH. SETELAH ITU MASUK KEMENU FORMASI LAGI.
3. MASUK KE QUICK SETTING PILIH ATTACK MA INCREASE PLAYER ATTACK, CONFIRM 4X. NANTI JD FORMASI 2CB-2OMF-1ST-5CF.
4. SETTING 2OMF MNJD 2WING BACK MASUK KE OUICK SETTING LAGI PILIH ATTACK MA INCREASE PLAYER ATTACK DITAMBAH POSE PSITION MA PLACE SWEPER CONFIRM 4X NANTI MENJADI 1SWP-1CB-2WINGBACK-6CF.
5. SET LG 1SWP JD CB, 2 WINGBACK JD DMF MASUK QUICK SETTING PILIH ATACK AJA CONFIRM 2X…
1. Tendangan Bebas Alternatif Pertama
Untuk alternatif pertama dilakukan dengan cara mengumpan ke rekan satu tim yang agak bebas, kemudian dilanjutkan dengan tembakan langsung ke gawang. Hal mendasar yang perlu diperhatikan adalah arah gerakan menembak. Perhatikan baik-baik pemain yang berdiri agak bebas (biasanya agak di depan) kemudian perhatikan pula posisi pemain lawan dan kiper. Setelah siap, umpan saja dengan X ke arah rekan kita yang berdiri agak bebas, nah di saat menerima bola, segera saja ubah arah pemain diikuti dengan menekan tombol [] (bar dapat mengikuti situasi) ke arah pojok gawang. Biasanya gol yang terjadi pelan namun menipu lawan (atau tepatnya kiper).
Inti: umpan dengan X dan tendang langsung ke gawang.
2. Tendangan Bebas Alternatif Kedua
Alternatif kedua agak berbeda dengan tendangan bebas pertama. Pada prinsipnya tetap sama, yaitu diumpan ke teman yang berdiri bebas. Akan tetapi setelah diumpan biarkan bola bergulir sebentar (atau dribble sebentar) sambil diikuti oleh pemain yang mendapatan umpan, kemudian baru ditendang ke arah gawang. Hasil yang didapat tendangan keras maut ke arah gawang. Biasanya kiper sudah siap dengan tendangan ini akan tetapi karena keras dan mantap, akan kesulitan menghadang atau mengakibatkan bola muntah yang tetap saja berbahaya untuk membuahkan gol.
Inti: umpan dengan X , dribble sebentar dan tending dengan keras.
Tambahan:
Jika kita melawan konsol, hampir tidak ada masalah, akan tetapi ketika menghadapi sesama teman (manusia), maka perlu trik tambahan. Saat pemain siap mengumpan maka otomatis lawan jelas tahu ke arah mana kita akan mengumpan, untuk itu gerakkan saja ke kanan atau ke kiri seakan kita akan menembak langsung atau mengumpan lambung. Dengan begitu lawan tidak dapat menebak langkah kita.
Keuntungan : a. Menipu lawan, karena biasanya lawan mengira kita melakukan tendangan bebas. b. Dapat dilakukan dengan jarak yang bervariasi dan posisi yang luas.
Karena merupakan tendangan bebas alternatif maka disarankan gunakan sebagai salah satu variasi. Kita tetap harus belajar tendangan bebas dengan menembak langsung ke arah gawang. Sehingga permainan kita tidak akan mudah ditebak oleh lawan.
Cari Kesempatan ( Peluang mendapatkan freekick ) Sebelum masuk ke latihan kita perlu membahas bagaimana sebaiknya berusaha mendapatkan hadiah tendangan bebas dari wasit. Semakin banyak hadiah tendangan bebas tentu saja peluang kita berlatih akan semakin besar. Bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan hadiah Free kick dari pengadil lapangan tersebut, berikut tips-nya:
1. Pemain lemah Carilah pemain kita yang sedikit lemah, maksudnya mempunyai nilai stat body balance yang kecil, gampang cidera dll. Intinya pemain yang mendapat beberapa sentuhan sedikit saja sudah jatuh. Kalau para gamer suka dengan klub-klub yang besar dan kuat akan cukup sulit mendapatkan pemain yang seperti ini. Kebanyakan akan kita dapatkan dalam klub-klub menengah ke bawah. Namun jangan khawatir karena pada setiap klub selalu ada pemain yang mempunyai pertahanan badan kurang bagus. Kita ambil contoh misalkan Peter Crouch, selain tinggi semampai juga agak kurus sehingga kadang jika beradu badan akan kalah atau ketika lawan membuat pelanggaran, wasit akan cenderung memberi hadiah tendangan bebas.

Usahakan untuk mencari pemain yang siap ditempatkan sebagai striker, second top (second striker) atau gelandang menyerang. Hal ini agar memudahkan pemain mendapatkan hadiah free kick di seputar kotak pinalti.
2. Gerakan mendadak
Jika terpaksa dalam klub yang kita mainkan tidak terdapat pemain seperti yang diharapkan agar mudah jatuh, maka jangan khawatir, karena dengan menggerakkan pemain kita untuk melakukan gerakan tubuh yang mendadak akan memaksa pemain lawan melakukan kesalahan.
Hal ini cukup sering ditemui terutama apabila lawan kita menekan tombol kotak guna mendatangkan pemain bantuan kedua. Sebelum cursor pindah secara otomatis atau manual, maka kendali masih ada dalam console sehingga ketika pemain lawan mengejar bola yang kita bawa, dan tiba-tiba kita membuat gerakan mendadak console akan cenderung melakukan serangan bawah yang tidak lawan inginkan. Bukankah kadang kita jengkel juga melihat pemain melakukan gerakan tackling tidak seperti yang kita inginkan.
3. Penguasaan bola
Point nomor dua tidak akan berlaku apabila lawan kita ternyata ahli melakukan pertahanan dengan orang pertama, tidak membutuhkan bantuan orang kedua. Maka terpaksa kita mengambil cara lain jika ingin mendapatkan hadiah free kick, yaitu dengan menahan bola selama mungkin, entah itu lewat umpan-umpan pendek atau secara individu.
Biasanya dengan cara ini lawan akan menjadi tidak sabar dan gemas sehingga terpaksa melakukan tackling. Apabila ternyata lawan jago tackling maka semakin susah harapan untuk mendapatkan tendangan bebas, namun jika ternyata dia hanya mempunyai kemampuan yang biasa saja maka akan melakukan kecerobohan dengan berbuat agak kasar terhadap pemain kita.
Keuntungan lain dari penguasaan bola yang lama, selain berusaha mendapatkan hadiah tendangan bebas, kita juga dapat mencari banyak peluang untuk mencetak goal serta mempersempit peluang lawan.
Perlu diingat bahwa mencari kesempatan untuk mendapatkan free kick bukan menjadi tujuan utama kita bermain sepak bola, kalau dilihat dari sub topik saja sudah jelas yaitu “mencari kesempatan”, so memang dilakukan di
sela-sela kita melakukan serangan utama sambil mencari kesempatan tersebut.
Untuk melatihnya kita harus praktek langsung dengan lawan, jangan melakukan dengan console karena akan sangat jauh berbeda. Hitung dalam setiap permainan yang dilakukan berapakah kita mendapatkan hadiah Free kick, jika minimal mendapatkan tiga kali kesempatan maka sudah dapat dikatakan berhasil. Kalau lebih maka bagus sekali. Ingat bahwa yang kita peroleh adalah kesempatan murni yang kita buat (terskenario sesuai uraian di atas), bukan karena kebetulan semata.
Jika para gamer sudah mahir memanfaatkan kesempatan ini, maka kita bahas selanjutnya untuk pemilihan pemain yang kita harus melakukan free kick tersebut.

Memilih Pemain
Kebanyakan klub secara default sudah ditentukan siapa saja eksekutor untuk bola-bola mati terutama free kick, biasanya sesuai dengan kenyataan dalam dunia sepakbola real. Misalkan klub Liverpool eksekutor yang dipilih Konami untuk free kick jarak jauh adalah Gerrad.
Nah tidak semua harus sama dengan pilihan Konami, kita juga bisa menentukan sendiri pemain yang menjadi eksekutor. Hanya saja kita tetap perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk diperhatikan agar tujuan utama untuk membikin goal lewat free kick tidak sia-sia.
Variasi Dribble dalam Winning Eleven :
Dribble lambat – Tekan keypad arah
Dribble berputar – Tekan keypad arah secara berlawanan.
Jump (melompat / menghindari tekel) – Tekan tombol R2
Gerakan menipu sambil berlari dengan bola – Tekan tombol R1
Dash (dribble sambil berlari) – Tekan tombol R1 + keypad arah.
High speed dash (dribble cepat) – Tekan tombol R1 + tekan dua kali keypad arah
Dribble super cepat – Tekan tombol R1 + R2 + keypad arah secara diagonal
Marseille Roulette (putaran 360 derajat) – Putar analog kanan (R3) sampai 360 derajat.
Teknik Dasar Passing ADA beragam cara untuk melakukan passing di Winning Eleven. Anda bisa mempelajarinya operan yang dilakukan variatif. Umpan mendatar – Tekan tombol silang + keypad arah (untuk mengarahkan umpan) Umpan lambung / jauh – Tekan tombol bulat + keypad arah (ukuran kekuatan umpan lambung harus diatur agar tepat sasaran) Umpan terobosan – Tekan tombol segitiga (biasanya untuk mengumpan seorang striker yang siap lolos dari pengawalan pemain belakang lawan) Umpan one two – Tekan tombol L1 + tombol silang (biasanya untuk mengecoh satu orang lawan yang menjaga) Umpan one two – Tekan tombol L1 + tombol silang (biasanya untuk mengecoh satu orang lawan yang menjaga)Manual pass – Geser dan tekan analog kanan (R3) Umpan silang – Tekan tombol bulat (dilakukan saat kita berada di daerah penyerangan . Dan bisanya dilepaskan dari sisi kiri atau kanan pertahanan lawan) Umpan silang ke tiang dekat – Tekan tombol bulat dua kali secara cepat Umpan silang menyusur tanah – Tekan tombol bulat tiga kali secara cepat. Umpan silang ke tiang jauh – Tekan tombol L1 + tombol bulat
tips trik winning eleven playstation 2